Sabtu 03 Juli 2021, 09:11 WIB

Luis Enrique: Konyol Kalau Spanyol Puas Hanya Capai Semifinal

Akmal Fauzi | Sepak Bola
Luis Enrique: Konyol Kalau Spanyol Puas Hanya Capai Semifinal

AFP/Kirill KUDRYAVTSEV
Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique

 

PELATIH timnas Spanyol Luis Enrique memastikan anak asuhnya tidak akan puas jika hanya mencapai semifinal Piala Eropa 2020. Ini menjadi kesempatan untuk La Furia Roja untuk merengkuh trofi Piala Eropa untuk keempat kalinya.

Spanyol lokos ke semifinal usai menghentikan langkah Swiss lewat drama adu penalti, Jumat (2/7) malam WIB.

Kedua tim bermain imbang 1-1 di waktu normal. Spanyol memastikan kemenangan atas Swiss setelah tiga penendang mereka berhasil melesakkan bola ke gawang. Sementara pasukan Vladimir Petkovic hanya mampu mencetak satu gol lewat eksekutor pertama mereka yakni Mario Gavranovic.

Baca juga: Mancini: Kami Layak Menang

“Kami sangat bangga. Akan konyol berpikir kami atau salah satu semifinalis, akan puas hanya sejauh itu sekarang. Kami semua ingin mencapai final dan menang," ujar Enrique.

Spanyol sudah mencetak 12 gol di Piala Eropa 2020, menyamai catatan tertinggi mereka di putaran final Piala Eropa yang mereka buat pada 2008 dan 2012.

La Furia Roja memenangkan kedua turnamen tersebut yang sekaligus menempatkan mereka sebagai kolektor gelar terbanyak dengan tiga trofi.

Enrique menepis penilaian yang mengatakan Timnas Spanyol menang atas Swiss hanya berbekal keberuntungan karena ditentukan dari hasil adu penalti.

"Mereka mengatakan penalti adalah lotere, tapi saya rasa itu sepenuhnya salah," lanjut mantan pelatih Barcelona tersebut.

Spanyol akan menghadapi Italia di semifinal Piala Eropa 2020. Laga dilangsungkan di Stadion Wembley, Selasa (6/7) malam WIB.

Pertemuan itu membuat kedua negara untuk sudah empat edisi beruntun saling bentrok di fase knock out.

Pada Piala Eropa 2008, Spanyol menang adu penalti lawan Italia setelah bermain imbang tanpa gol. Empat tahun berselang, Spanyol menghajar Italia dengan skor 4-0 di final Piala Eropa 2012.

Italia baru bisa membalas kekalahan melawan Spanyol di babak 16 besar Piala Eropa 2016. Dalam laga tersebut, Italia menang 2-0 lewat gol Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle.

“Kami harus masuk ke semifinal dengan segar, percaya diri dan dengan kepala tegak. Kami harus memenangkan Piala Eropa sekarang,” kata Unai Simon, penjaga gawang Spanyol, yang menjadi aktor utama kemenangan dengan dua penyelamatan dalam adu penalti. (UEFA/OL-1)

Baca Juga

AFP/Patrick FORT

Infantino Bela rencana Gelar Piala Dunia Setipa Dua Tahun Sekali

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 09:45 WIB
Proyek Piala Dunia setiap dua tahun sekali mendapatkan kritik tajam dari sejumlah federasi sepak bola kontinental, seperti UEFA dan...
AFP/Ben STANSALL

Hadapi Rangkaian Laga Melawan Klub Semenjana, Chelsea Diminta tidak Takabur

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 07:30 WIB
The Blues memiliki peluang emas memantapkan posisi mereka di puncak klasemen Liga Primer Inggris dalam lima laga ke...
AFP/Oli SCARF

Solskjaer Tegaskan Tolak Ditekan untuk Mainkan Ronaldo

👤Basuki Eka Purnama 🕔Sabtu 16 Oktober 2021, 06:45 WIB
Solskjaer memancing kontroversi ketika dia menempatkan Ronaldo di bangku cadangan saat Manchester United bermain imbang 1-1 dengan Everton...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Risma Marah dan Gaya Kepemimpinan Lokal

ika melihat cara Risma marah di Gorontalo, hal itu tidak terlalu pas dengan norma, etika, dan kebiasaan di masyarakat.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya