Jumat 10 Maret 2023, 23:03 WIB

KPK Pantau LHKPN Bernominal Tak Wajar

Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum
KPK Pantau LHKPN Bernominal Tak Wajar

MI / Susanto
Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Alexander Marwata menyampaikan keterangan pers

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam memelototi Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) yang tak masuk akal. Temuan itu dapat menjadi catatan Lembaga Antikorupsi dan diteruskan ke pimpinan kementerian atau lembaga terkait.

"Pimpinan (KPK) itu punya akses untuk membuka LHKPN, sebetulnya masyarakat juga bisa, cuma kami bisa melihat secara lebih detail gitu kan. Kalau masyarakat kan hanya terkait berapa total kekayaannya, kemudian rincian harga kekayaannya," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Jakarta Selatan, Jumat, 10 Maret 2023.

Alex mengatakan pimpinan kementerian atau lembaga sejatinya bisa memakai data LHKPN yang dimiliki KPK. Lalu, mengonfirmasi kepada bawahannya bila ditemukan data LHKPN tak wajar.

Baca juga : Bukan Korupsi, Mahfud MD Sebut Transaksi Janggal Rp300 T di Kemenkeu Masuk TPPU

"Sebetulnya dari situ bapak Ibu bisa memonitor ya, kira-kira staf saya itu kekayaannya wajar atau tidak, dibandingkan dengan penghasilan yang diperoleh, jika ada kecurigaan terutama ini bapak-bapak dari inspektur ya, pengawas internal panggil saja pak yang bersangkutan itu diperoleh," ujar Alex.

Ia menekankan hal itu merujuk pada sejumlah kasus yang menjerat pejabat pajak. Karena harta kekayaannya yang tidak wajar.

Baca juga : KPK Ogah Komentar Soal Transaksi Mencurigakan Rp300 Triliun 

"Bahkan akhir-akhir ini begitu kencang netizen itu mengekspos terkait dengan salah satu oknum pegawai di Ditjen Pajak, luar biasa sekali ya. Kita periksa LHKPN yang bersangkutan, kita cek kita klarifikasi ke lapangan maupun lewat orang-orang. Ya patut diduga harta kekayaan itu diperoleh secara tidak sah, memang LHKPN itu menjadi sarana untuk melakukan pencegahan, kalau ngisinya benar," jelas Alex. (Z-8)

Baca Juga

MI/Susanto

KPK Bagikan Cara Mengadukan Kekayaan Pejabat yang Dinilai Janggal

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 26 Maret 2023, 09:31 WIB
Harta yang terdata bisa dilaporkan jika dinilai janggal. Caranya dengan mengakses tombol merah bergambarkan toa speaker di sisi kanan...
ANTARA/Reno Esnir

KPK Sudah Sita Lebih dari Rp100 Miliar dari Kasus Suap Lukas Enembe

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 26 Maret 2023, 09:23 WIB
Barang yang disita berupa uang tunai, emas batangan sampai kendaraan. KPK, saat ini, tengah fokus menguatkan...
MI/Ardi

Mahfud MD Didesak Pertajam Amunisi KPK Ketimbang Hanya Koar-koar Soal Aliran Dana Rp349 T

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 26 Maret 2023, 09:17 WIB
"Sebagai seorang Menkopolhukam, Prof Mahfud ini lebih pas kalau aktif menyuarakan atau support terhadap ditetapkannya RUU Perampasan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya