Senin 16 Januari 2023, 13:10 WIB

Mahfud Serahkan Urusan Proporsional ke MK

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Mahfud Serahkan Urusan Proporsional ke MK

Antara
Mahkamah Konstitusi

 

MANTAN Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menyerahkan putusan terkait sistem pemilihan legislatif kepada Mahkamah Konstitusi (MK). Menurutnya, MK adalah lembaga yang secara institusional memiliki sikap dan tidak akan terpengaruh pihak manapun.

"Itu biar MK saja yang mengurus. MK secara institusional secara kelembagaan sudah punya sikap," ujar Mahfud di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (16/1).

Berdasarkan pengalamannya sebagai ketua di lembaga tersebut, MK tidak memiliki kewenangan untuk mengatur regulasi. MK hanya boleh membatalkan atau meluruskan selama ada yang mengajukan judicial review.

Baca juga: Sistem Proporsional Terbuka, MK Siap Jaga Independensi 

Namun, jika berbicara soal sistem pemilihan legislatif, menurutnya itu adalah urusan legislatif. Oleh karena itu, pada saat memimpin, ia menyerahkan keputusan tersebut kepada DPR.

"Soal proporsional tertutup atau terbuka, itu urusan legislatif. Kalau mau terbuka, ya terbuka. Kalau mau tertutup, ya tertutup. Yang menetapkan itu legislatif. Itu zaman saya. Kalau sekarang MK punya pandangan lain kita persilakan," tandasnya.

Diketahui MK akan menggelar sidang lanjutan perkara uji materi atas penggunaan sistem pemilihan legislatif (pileg) proporsional terbuka, Selasa (17/1/2023) pukul 11.00 WIB. 

Saat ini, delapan dari sembilan partai di DPR sudah menyatakan sikap tetap menggunakan sistem proporsional terbuka pada penyelenggaraan pemilu. Hanya PDI Perjuangan (PDIP) yang mendukung sistem proporsional tertutup diterapkan. (P-5)

Baca Juga

MI/HO

Purnawirawan TNI AD dan Warga Pos Pengumben Curhat ke Komisi I DPR

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
SEJUMLAH purnawirawan TNI AD dan warga Pos Pengumben menggelar audiensi dengan Komisi I DPR RI membahas sengketa lahan di Kelurahan Kelapa...
Dok. Peradi

Kunjungi MA, Advokat Malaysia Pelajari Sistem Peradilan Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:34 WIB
Para advokat dari Malaysia yang didampingi pengurus Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi), terlihat antusias menyimak paparan dari...
Medcom/Kautsar Widya Prabowo.

Bertemu Dua Jam, PKS-NasDem Sepakat Jaga Demokrasi Tetap Kondusif

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Jumat 03 Februari 2023, 22:24 WIB
Sohibul bersama Surya Paloh sepakat untuk menjaga dinamika politik yang terus meningkat. Harapannya, kondisi politik di Indonesia dapat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya