Jumat 06 Januari 2023, 12:01 WIB

Viral Video Diduga Hakim Wahyu, Sahroni Ingatkan Hakim Jaga Muruah Pengadilan

Viral Video Diduga Hakim Wahyu, Sahroni Ingatkan Hakim Jaga Muruah Pengadilan

Dok MI
Wakil Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni

 

WAKIL Ketua Komisi III DPR RI, Ahmad Sahroni mengingatkan hakim muruah pengadilan. Pernyataan Sahroni disampaikan menanggapi video viral yang diduga Ketua Majelis Hakim kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Wahyu Imam Santoso,  

“Hakim dilarang membuka kepada siapa pun, apalagi ini ke orang yang ‘gatal’ bergosip. Jangan comberan aja, sebagai hakim harus independen,” ujar politisi NasDem itu, Jumat (6/1).

Menurut dia, video yang beredar diduga Hakim Wahyu itu sungguh mencoreng nama baik institusi kehakiman. Hal tersebut sangat membahayakan muruah hukum di Indonesia jika memang benar yang dalam video itu Wahyu.

“Hal ini jelas sangat memalukan, mencoreng nama baik institusi kehakiman, dan membahayakan marwah hukum Indonesia. Apapun isinya, apapun yang berkaitan dengan kasus yang sedang ditangani, hakim dilarang membuka kepada siapa pun,” tandasnya.

Komisi Yudisial (KY) dan Mahkamah Agung (MA), sambung Sahroni, harus segera bergerak untuk menindaklanjuti video yang beredar diduga Hakim Wahyu curhat soal kasus Ferdy Sambo kepada seorang wanita. Namun, tegasnya, independensi hakim yang sedang menangani perkara tersebut harus tetap dijaga

“Ini harus diinvestigasi, ditindak, dan diambil keputusan yang tepat. Apakah teguran, penggantian, atau sanksi. KY harus mengusut video tersebut sesegera mungkin,” pungkasnya.

Adapun KY bakal mendalami video yang beredar diduga Hakim Wahyu sedang curhat dengan seorang wanita. Video itu viral di media sosial Tiktok.

"Kita cek dulu kebenaran video tersebut," kata Juru Bicara KY Miko Susanto Ginting.

Namun, Miko belum bisa memastikan apakah akan mengklarifikasi langsung kepada Hakim Wahyu atau tidak. Menurut dia, tahapnya belum sampai kepada klarifikasi.

Sementara, Juru Bicara MA Andi Samsan Nganro mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan terhadap video pria diduga Hakim Wahyu yang viral di media sosial tersebut. MA langsung membentuk tim untuk mendalami dan memeriksanya. (OL-8)

Baca Juga

Antara

Komnas HAM Hormati Proses Hukum Lukas Enembe oleh KPK

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:18 WIB
Komnas HAM RI menghormati proses hukum yang sedang ditempuh Lukas...
Dok. Ditjen Imigrasi

Molina Permudah WNA di China Perpanjang Visa di Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 16:04 WIB
LAMAN baru yang diluncurkan Direktorat Jenderal Imigrasi RI, molina.imigrasi.go.id, bisa mempermudah warga negara asing (WNA) di China yang...
STAF KHUSUS GUBERNUR PAPPUA DIAN MUSTIKAWATY

KPK terima Surat dari Lukas Enembe, Isinya Bukan Menagih Janji Firli

👤tri subarkah 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 15:50 WIB
Lukas menolak berobat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto. Keberatan itu sebelumnya juga sudah disampaikan Lukas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya