Selasa 03 Januari 2023, 13:52 WIB

Menkopolhukam: Urusan Prosedur Omnibus Law Ciptaker Sudah Beres

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Menkopolhukam: Urusan Prosedur Omnibus Law Ciptaker Sudah Beres

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Menko Polhukam Mahfud MD

 

MENTERI Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan bahwa yang dinyatakan inkonstitusional bersyarat oleh Mahkamah Konstitusi (MK) dari Undang-undang (UU) Cipta Kerja adalah prosedurnya, bukan materinya.

MK, ucapnya, tidak pernah menyinggung soal materi atau membatalkan materi yang ada di dalam UU Cipta Kerja.

“Materinya kan tidak pernah dibatalkan MK. Yang perlu diperbaiki itu prosedurnya. Prosedurnya harus diulang, harus ada ketentuan bahwa omnibus law itu bagian dari proses,” ujar Mahfud di istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/1).

Oleh karena itu, setelah dinyatakan inkonstitusional bersyarat, pemerintah segera bergerak menyusun perubahan Undang-undang tentang Pembentukan peraturan Perundang-undangan yang mengakomodir norma-norma mengenai metode omnibus law.

Baca juga: Pembangkangan Eksekutif

“UU itu jadi cantelan untuk omnibus law masuk ke tata hukum kita. Itu yang kita perbaiki. Setelah UU itu diselesaikan, Perppu Cipta Kerja dibuat berdasarkan itu,” terangnya.

Jika ada pihak-pihak yang ingin mempersoalkan materi peraturan perundangan itu, mereka bisa mengajukan gugatan uji materi ke MK.

Masalah itu tidak bisa dikait-kaitkan dengan keputusan inkonstitusional bersyarat atau penerbitan Perppu. “Kalau isinya yang mau dipersoalkan silakan, tapi kalo prosedurnya sudah selesai,” tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

Ist

Pengamat: Memiliki Sifat Egaliter, Erick Diterima Seluruh Lapisan Masyarakat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 10:00 WIB
Dengan sifat yang egaliter yang tidak membeda-bedakan suku ras dan agama, menurut Sukri, membuat Erick sangat mudah diterima oleh seluruh...
MI/Duta

Presiden: NU Sudah Beri Warna yang Luar Biasa

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:56 WIB
NU telah menunjukkan bahwa ke-Islam-an dan ke-Indonesia-an bisa berjalan beriringan, bisa menjadi satu kesatuan, rukun dalam...
Ist/DPR

Komisi I DPR Apresiasi Kesiapan Provinsi Jatim dalam Program Satu Data Indonesia

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 07 Februari 2023, 09:28 WIB
Komisi I DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Timur untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan perlindungan data yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya