Rabu 28 Desember 2022, 17:38 WIB

Pengamat: Prestasi Erick Thohir Memikat Dukungan Masyarakat Meningkat

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Pengamat: Prestasi Erick Thohir Memikat Dukungan Masyarakat Meningkat

dok.Ant
Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) menerima penghargaan Minister Of The Year dari Founder and Chairman CT Corp Chairul Tanjung (kanan) pada CN

 

MENTERI BUMN Erick Thohir disebut memiliki kharisma yang mampu memikat dukungan. Erick Thohir punya memiliki banyak aspek yang mampu membuat pemerintahan bisa berjalan dengan baik.

“Kira-kira bisa kerja enggak ini calonnya. Prestasinya dan rekam jejaknya seperti apa, pada diri Erick Thohir menonjol aspek-aspek itu,” ujar pengamat politik yang juga Dewan Pakar Indo Maju Institute, Lukman Edy

Seperti diketahui, Erick Thohir terekam dalam memori publik sebagai pemimpin yang bekerja nyata dan berprestasi. Prestasi orang nomor satu di Kementerian BUMN ini termasuk menanggulangi pandemi Covid-19, pemulihan ekonomi nasional, memberantas korupsi dan meningkatkan laba serta kontribusi BUMN kepada negara.

Dalam hal penanggulangan pandemi Covid-19, Erick Thohir bergerak cepat mendatangkan jutaan vaksin untuk melindungi masyarakatkan Indonesia. Ia bahkan mengalihfungsikan wisma atlet sebagai tempat penanganan masyarakat yang terpapar virus asal Wuhan tersebut.

Kini berkat kepemimpinan Erick Thohir, Indonesia telah berhasil memproduksi vaksin Covid-19 sendiri yakni IndoVac. Dalam pemulihan ekonomi, Eks Presiden Inter Milan ini menggalakkan program KUR, BRILink, Mekaar dan Makmur untuk masyarakat agar bisa bertahan.

Hingga saat ini program tersebut terus berjalan dan terbukti sudah banyak membantu masyarakat di seluruh wilayah Indonesia. Erick Thohir juga berhasil memberantas korupsi di dalam tubuh perusahaan BUMN seperti Jiwasraya, Asabri dan Garuda Indonesia.

Kemudian berkat transformasi yang dilakukan menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi ini berhasil meningkatkan laba Kementerian BUMN dari Rp 13 triliun menjadi Rp 124 triliun. Bahkan di kuartal III 2022, laba BUMN sudah tercatat sebesar Rp 155 triliun.

Sedangkan kontribusi Kementerian BUMN kepada negara meningkat sebesar Rp 68 triliun. Maka dari itu, Lukman mengatakan banyak masyarakat yang menginginkan Erick Thohir untuk menjadi Wakil Presiden Indonesia selanjutnya.

Tak sekedar mengutarakan pendapat, keinginan tersebut terekam dalam hasil survei nasional terbaru Poltracking Indonesia. Di mana Erick Thohir menjadi cawapres terkuat dengan elektabilitas sebesar 16,2 persen.

Angka elektabilitas tersebut mengalahkan figur lama seperti Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Menparekraf Sandiaga Uno. Ketiga figur tersebut masing-masing memiliki elektabilitas sebesar 15,1 persen, 12,0 persen dan 9,4 persen.

“Masuknya nama Erick Thohir tidak terlepas dari kinerja dan komunikasi yang dibangun,” pungkas Lukman. (OL-13)

Baca Juga: Reshuffle Kabinet Jangan Abaikan Kepentingan Nasional, Tantangan Makin Berat

 

Baca Juga

Antara

Ketegangan Jokowi dengan Surya Paloh di Mata Pengamat

👤Abdillah Muhammad Marzuqi 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:22 WIB
Pengamat Politik Ray Rangkuti menilai keunggulan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dalam ketegangan politik dengan Presiden Joko Widodo...
Antara

Menlu Retno Pimpin Pertemuan Menlu ASEAN di Jakarta

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 13:05 WIB
Menteri Luar Negeri ASEAN mengikuti pertemuan ASEAN Foreign Ministers Retreat (AMMR) di Gedung ASEAN, Jakarta...
MI/SUMARYANTO BRONTO

Nikita Mirzani Dilaporkan Polisi Atas Dugaan Pencemaran Nama Baik

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Sabtu 04 Februari 2023, 12:52 WIB
Dugaan tersebut dilakuan oleh Nikita saat melakukan live streaming pada akun Instagramnya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya