Senin 05 Desember 2022, 16:37 WIB

Pakar Hukum UGM: RKUHP Produk Hukum Represif

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Pakar Hukum UGM: RKUHP Produk Hukum Represif

ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pakar Hukum Tata Negara UGM Zainal Arifin Mochtar

 

RANCANGAN Kitab Undang-undang Hukum Pidana (RKUHP) yang masih menuai banyak penolakan, jika akhirnya tetap disahkan besok, Selasa (6/12), akan menimbulkan kerugian bagi masyarakat.

Pakar Hukum Tata Negara Zainal Arifin Mochtar mengungkapkan, dalam kasus ini, publik adalah pihak yang paling menerima kemudaratan.

Pasalnya, produk hukum tersebut didesain untuk mengatur masyarakat, bukan pemerintah atau lembaga negara. Yang menjadi persoalan, beragam substansi yang ada di dalam RKUHP dianggap sangat menyudutkan dan mengekang kehidupan masyarakat.

"Kalau disahkan, risikonya jelas ada pada publik. Kemunginannya, UU ini akan dipakai sebagai alat represif," ujar Zainal kepada Media Indonesia, Senin (5/12).

Baca juga: Mendagri: Perppu Pemilu Terbit Usai Pengesahan RUU Papua Barat Daya

Ia pun melihat perlawanan masyarakat terhadap rancangan peraturan perundangan itu tidak akan berhenti meskipun sudah disahkan.

Publik pasti akan terus bergerak untuk menjegal UU yang disusun secara ugal-ugalan tersebut. "UU itu bukan hanya harus diterima secara hukum, tetapi juga secara filosofis dan sosiologis. Kalau kondisinya seperti sekarang, resiko pascapengesahan ya pasti akan ada pengujian ke MK," tandasnya.(OL-4)

Baca Juga

MI/ Moh Irfan

PKS Beri Kepastian Dukung Anies, NasDem: Kita Sambut Penuh Suka Cita

👤Anggi Tondi Martaon 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:16 WIB
Dia mengapresiasi sikap PKS yang akhirnya mendukung pencalonan Anies. Anies sudah memenuhi syarat untuk maju pada Pilpres...
Dok.MI

KIB Bakal Bertemu Pekan Ini untuk Bahas Capres

👤Mediaindonesia 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:12 WIB
Pembahasan itu kata dia diagendakan saat tiga pimpinan partai politik di KIB berkumpul yakni Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PAN...
MGN

PKS Pastikan Dukungan, Langkah Anies Baswedan Ke 2024 Makin Terbuka

👤MGN 🕔Senin 30 Januari 2023, 21:07 WIB
PARTAI Keadilan Sejahtera (PKS) secara resmi mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) pada pemilihan presiden (pilpres)...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya