Jumat 23 September 2022, 14:17 WIB

Surat Putusan Banding Keluar, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Surat Putusan Banding Keluar, Ferdy Sambo Resmi Dipecat dari Polri

Medcom.id/Siti Yona H
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo

 

MANTAN Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo (FS) telah menerima surat putusan banding. Jenderal bintang dua itu pun resmi dipecat secara tidak hormat sebagai anggota Polri.

"Hasil komunikasi Kepala Biro Penanggung jawab Profesi (Karo Wabprof Brigjen Agus Wijayanto), petikan putusan PTDH FS hari ini sudah diserahkan kepada yang bersangkutan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (23/9).

Dedi memastikan surat putusan banding pemberhentian tidak dengan hormat (PTDH) dari Korps Bhayangkara itu telah diterima Ferdy Sambo. Surat diberikan langsung ke tangan tersangka pembunuhan berencana Brigadir J itu.

"Artinya, yang bersangkutan hari ini sudah menerima petikan hasil sidang etik dan banding yang digelar beberapa waktu lalu," ujar Dedi.

Dedi mengatakan pemberian surat putusan itu pertanda Ferdy Sambo resmi dipecat dari Polri. Sebab, Polri tidak mengadakan seremonial pemecatan tidak hormat.

"FS (terima langsung surat). Setelah diterima nanti ada tanda terimanya bukti ke Wabprof Propam," ungkap jenderal bintang dua itu.

Baca juga:  Soal Isu Kakak Asuh Ferdy Sambo, Pengamat: Problem Lama di Kepolisian

Saat ini, imbuh Dedi, Sumber Daya Manusia (SDM) Polri masih memproses administrasi berkas pemecatan. Proses administrasi disebut tidak sampai kepada Presiden Joko Widodo melainkan cukup ke Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan sekretaris militer (sekmil).

Nanti, sekmil tanda tangan surat keputusan pemecatan dan diserahkan ke SDM. Barulah SDM menyerahkan lagi surat keputusan pemecatan tersebut kepada Ferdy Sambo.

"Yang jelas proses administrasi ini tidak akan mengubah substansi dari hasil putusan sidang kode etik yang sudah PTDH kan yang bersangkutan. PTDH sebagai anggota polisi tidak akan mengubah subtansi hanya proses administrasi aja," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota yang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:44 WIB
Dua anggota kepolisian yang tewas, yakni Briptu Fajar Yoyok Pujiono dan Brigadir Andik Purwanto, juga telah dimakamkan secara...
ANTARA

Polisi Naikkan Status Tragedi Kanjuruhan ke Penyidikan

👤 Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:38 WIB
Keputusan menaikkan status menjadi penyidikan tersebut dilakukan setelah tim melakukan gelar...
ANTARA/Ari Bowo Sucipto

Komnas Telusuri Pelanggaran HAM dalam Insiden di Kanjuruhan

👤Bagus Suryo 🕔Senin 03 Oktober 2022, 22:24 WIB
Setelah melakukan investigasi ke kandang 'Singo Edan' itu, Komnas HAM menyatakan pihaknya menemukan dugaan adanya pelanggaran HAM...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya