Rabu 10 Agustus 2022, 14:20 WIB

Airlangga Dorong Pemerintah Segera Cairkan Anggaran KPU Tahun 2022

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Airlangga Dorong Pemerintah Segera Cairkan Anggaran KPU Tahun 2022

Antara
KETUA Umum Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartanto

 

KETUA Umum Golongan Karya (Golkar) Airlangga Hartanto mendukung agar pemerintah mempercepat pencairan anggaran tambahan Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk tahun 2022.

“Saya sendiri sudah bicara dengan Menteri Keuangan terkait anggaran tahun ini tentu ada kaitannya dengan mekanisme daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA),” tutur Airlangga saat mendatangi KPU, Jakarta, Rabu (10/8).

Terkait anggaran yang masih belum dicairkan, Airlangga mengaku telah menyampaikan ke Presiden RI Joko Widodo bahwa anggaran Pemilu ini adalah prioritas dan sifatnya multiyears.

“Jadi tidak hanya sekarang tapi dari sekarang sampai dengan 2024. Jadi kalau dukungan Golkar pasti dukung karena kita ingin pesta demokrasi ini berjalan baik dan lancar,” tegasnya.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI memahami alasan pemerintah yang tak mencairkan anggaran sesuai pagu anggaran yang dibutuhkan untuk Pemilu 2024. Dari Rp8,06 triliun yang diajukan, pemerintah menyetujui Rp3,6 triliun saja.

KPU memahami kondisi keuangan negara yang sedang membutuhkan proyek strategis Nasional lainnya. walaupun ada kekurangan Rp5,6 triliun dari anggaran yang kami ajukan," ungkap komisioner KPU RI Yulianto Sudrajat, Selasa (9/8).

Sejauh ini, mantan Ketua KPU Jawa Tengah itu menyebut sudah masuk daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) sebesar Rp2,4 triliun.

Sementara, sisanya merupakan anggaran belanja tambahan (ABT) tahun 2022 yang belum dicairkan, karena masih dalam proses pembahasan bersama Kementerian PPN/Bappenas.

Yulianto pun berharap Kementerian Keuangan dan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas bisa segera memproses pencairan. (OL-12)

 

Baca Juga

dok.ist

Plt Ketua Umum dan Majelis Pakar PPP Matangkan Pemenangan Pemilu 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 23:08 WIB
Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono melakukan rapat bersama Majelis Pakar DPP PPP membahas langkah dan strategi untuk mengantarkan...
MI/Bary F

Paska OTT KPK Respon Ketua MA Dipuji Pengamat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 22:43 WIB
RESPON Mahkamah Agung (MA) dalam menyikapi terbongkarnya dugaan korupsi yang melibatkan Hakim Agung non-aktif Sudrajat Dimyati dan sejumlah...
MI/ Abdillah M Marzuqi

Pemuda Katolik Komda Jateng Kecam Kasus Mutilasi di Semarang

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Kamis 29 September 2022, 22:40 WIB
PEMUDA Katolik Komisariat Daerah Jawa Tengah mengecam keras pembunuhan disertai mutilasi dan pembakaran kepada Paulus Iwan Budi beberapa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya