Selasa 26 Juli 2022, 18:13 WIB

Kemenkeu Tegaskan Anggaran Pemilu Akan Cair Pada Waktunya

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Kemenkeu Tegaskan Anggaran Pemilu Akan Cair Pada Waktunya

Dok.MI
Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata

 

KEMENTERIAN Keuangan (Kemenkeu) menyatakan telah selesai melakukan penelaahan anggaran tambahan Pemilu 2024. Diketahui, anggaran Pemilu untuk 2022 yang dikucurkan pemerintah baru Rp2,4 triliun, atau kurang Rp5,6 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu Isa Rachmatarwata menyebut proses administrasi dan penelaahan anggaran tambahan berlangsung tanpa ada kendala.

Isa mengemukakan dokumen-dokumen yang dibutuhkan Kemenkeu telah dilengkapi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). “Pencairan (anggaran tambahan KPU) sesuai tahapan Pemilu tahun 2022 akan dilakukan pada waktunya,” tutur Isa, Selasa (27/7).

Artinya, pencairan anggaran bisa cair sebelum tahapan pemilu yang lainnya berjalan, semisal untuk seleksi petugas verifikasi faktual pada Oktober mendatang dan kebutuhan badan Ad Hoc di November 2022.

“Ya (bisa cair sebelum tahapan pemilu di masa mendatang),” singkat Isa.

Baca juga: KPU Bakal Rekrut Petugas Verifikasi Faktual Pemilu 2024

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berharap pemerintah segera mencairkan anggaran Pemilu 2024 di tahun 2022. Pasalnya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyelesaikan penelaahan anggaran tambahan tersebut.

Diketahui, anggaran Pemilu untuk 2022 yang dikucurkan pemerintah baru Rp2,4 triliun, atau kurang Rp5,6 triliun.

“Mudah-mudahan (segera dicairkan) karena Agustus mendatang sudah pelaksanaan pendaftaran parpol dan verifikasi administrasi dan faktual,” ungkap Komisioner KPU Yulianto Sudrajat di kantor KPU, Jakarta, Selasa (27/7).

Pasalnya, pelaksanaan pendaftaran parpol, verifikasi administrasi dan faktual tentu membutuhkan anggaran tambahan untuk kelancaran penyelenggaraannya.

Belum lagi, untuk kebutuhan kegiatan verifikasi faktual, keanggotaan, dan kepengurusan, serta alamat kantor parpol yang harus difaktualkan oleh jajaran KPU Provinsi, Kota dan Kabupaten.

“Tentu ini dibutuhkan anggaran yang harus diturunkan juga kepada jajaran KPU Provinsi, Kab/Kota, sesuai tahapan di bulan Oktober ini,” terang Yulianto. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Reno Esnir

Kejagung Buru Aset Surya Darmadi di Luar Negeri

👤Tri Subarkah 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:59 WIB
Penyitaan aset diperlukan mengingat kerugian negara dalam perkara tersebut terbilang besar, yaitu Rp78 triliun. Hal itu juga diinsyafi oleh...
Antara

Presiden: Agenda Besar Bangsa tidak Boleh Berhenti

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:16 WIB
Kepala Negara mengajak semua komponen bangsa untuk selalu waspada dan bersiaga. Khususnya, di tengah ancaman krisis yang masih menghantui...
MI/RAMDANI

Surya Paloh Ingin Pembangunan IKN Terus Dilanjutkan oleh Pengganti Jokowi

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 14:11 WIB
Surya Paloh berharap apa yang telah diletakkan menjadi dasar pembangunan dan telah diundangkan khususnya perpindahan ibu kota itu akan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya