Senin 25 Juli 2022, 12:50 WIB

KPU Tegaskan Akses Sipol Diberikan Sebelum Tahapan Pendaftaran Parpol

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
KPU Tegaskan Akses Sipol Diberikan Sebelum Tahapan Pendaftaran Parpol

MI/M Soleh
Sistem Informasi Partai Politik (Sipol)

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI memastikan akan memberikan akses Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) sebelum tahapan pendaftaran partai politik (parpol).

Diketahui, pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 akan dimulai pada 1 Agustus 2022. Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) mengatur soal 13 tahapan sejak pendaftaran parpol calon peserta hingga penetapan parpol peserta Pemilu 2024.

“Ya saat ini masih proses karena kelengkapan data Bawaslu terlambat jadi masih proses,” tutur Komisioner KPU Idham Holik kepada mediaindonesia.com di Jakarta, Senin (25/7).

Idham memastikan akan memberikan akses Sipol sebelum pendaftaran parpol calon peserta pemilu 2024. “Tapi sebelum pendaftaran di mulai kami akan berikan (akses Sipol ke Bawaslu),” tegasnya.

Baca juga: NasDem Berencana Mendaftar ke KPU di Hari Pertama

Adapun Idham menerangkan akan terus memantau parpol yang belum mengunggah data ke Sipol. Pasalnya, pengunggahan data kepengurusan partai ke sipol merupakan salah satu syarat pendaftaran yang ditetapkan KPU.

Help desk pendaftaran parpol oleh KPU itu melakukan daily monitoring, atau pemantauan harian, dan petugas help desk ini juga terus berkomunikasi intens dengan mereka,” ujar Idham.

Intinya, jika parpol menemui kesulitan dalam mengakses Sipol, Idham menyebut operator Sipol parpol akan siap 24 jam untuk membantu.

Idham menuturkan parpol harus mengetahui adanya tiga teknik dalam mengupload data, yakni upload satuan, upload per-item dan upload perwilayah.

“Biasanya parpol sedang mengisi template yang diberikan, sehingga nanti template yang sudah diisi mereka langsung upload data ke Sipol,” pungkasnya. (P-5)

Baca Juga

Dok MI

Kuasa Hukum Bharada E: Proyektil Hanya Alibi Supaya Terkesan ada Baku Tembak

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:48 WIB
Menurut keterangan yang ia dapat dari kliennya di TKP tidak ada baku tembak saat insiden...
MI/Adam Dwi

Pengacara Bharada E: Ferdy Sambo Ada di Saat Tewasnya Brigadir J

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:46 WIB
Pengacara Bharada E, Muhammad Burhanuddin mengatakan berdasarkan keterangan kliennya, Irjen Ferdy Sambo berada di lokasi saat Brigadir...
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pengacara Bharada E: Tidak Ada Tembak Menembak di Rumah Ferdy Sambo

👤Rahmatul Fajri 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:43 WIB
Pengacara Bharada Richard Eliezer alias E, Muhammad Burhanuddin mengatakan tidak hanya kliennya yang menembak Brigadir Novriansyah Yosua...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya