Senin 25 Juli 2022, 12:07 WIB

NasDem Berencana Mendaftar ke KPU di Hari Pertama

Putra Ananda | Politik dan Hukum
NasDem Berencana Mendaftar ke KPU di Hari Pertama

MI/Pius Erlangga
Gedung KPU.

 

TAHAPAN Pemilu 2024 akan memasuki jadwal pendaftaran partai politik pada 1 hingga 14 Agustus 2022. Seluruh partai politik pun melakukan persiapan untuk mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) termasuk Partai NasDem. 

Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem, Dedy Ramanta, mengatakan Partai NasDem akan mendaftar ke KPU pada hari pertama masa pendaftaran. 

Baca juga: Komisi V DPR Sampaikan Program APBN Masuk Wilayah Kutai Barat

"Kita upayakan NasDem akan mendaftar pada tanggal 1 Agustus. Kita akan mendaftar di hari pertama masa pendaftaran, jika tidak ada kendala ya," ungkap Dedy Ramanta dalam keterangan tertulisnya, Senin (25/7).

Pada saat pendaftaran nanti, ujar Dedy, Partai NasDem menargetkan akan mendaftarkan 100 persen untuk semua tingkatan kepengurusan, baik di level provinsi, kabupaten/kota hingga kecamatan. 

"Kita kan sudah mengikuti verifikasi administrasi dan faktual di dua kali pemilu. Alhamdulillah, di dua pemilu kita 100 persen semuanya. Nah, untuk 2024 juga kita targetkan 100 persen, meskipun ada beberapa daerah yang terjadi pemekaran," bebernya.

Berdasarkan Undang-Undang Pemilu, syarat pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 sepenuhnya telah diatur dalam Pasal 173 Ayat (2) diantaranya memiliki kepengurusan di seluruh provinsi.

Memiliki kepengurusan di 75 persen (tujuh puluh lima persen) jumlah kabupaten/kota di provinsi yang bersangkutan. Memiliki kepengurusan di 50 persen (lima puluh persen) jumlah kecamatan di kabupaten/kota yang bersangkutan.

Memiliki anggota sekurang-kurangnya 1.000 (seribu) orang atau 1/1.000 (satu perseribu) dari jumlah penduduk pada kepengurusan partai politik. Lalu, mempunyai kantor tetap untuk kepengurusan di tingkat pusat, provinsi, dan kabupaten/kota sampai tahapan terakhir pelaksanaan pemilu. 

Untuk saat ini, dibeberkan Dedy, Partai NasDem sudah mengupload data-data persyaratan untuk menjadi peserta Pemilu 2024. Misalnya, dari segi keanggotaan sudah lebih 90 persen data anggota yang dimasukkan dalam Sipol (Sistem Informasi Partai Politik).

"Kemudian data pengurus sudah mencapai 85 persen dan data kantor sudah mencapai 75 persen, sisanya masih proses upload ke Sipol," katanya. 

Soal siapa saja yang akan hadir mendaftar ke KPU, Dedy menjelaskan jika di dalam PKPU, partai politik itu didaftarkan oleh pimpinan partai politik yakni ketua umum dan sekjen atau orang yang diberikan kuasa untuk melakukan pendaftaran ditambah petugas penghubung atau LO dari partai masing-masing. "Siapa yang mendaftarkan kita lihat nanti ya," tandas Dedy. (OL-6)

Baca Juga

Ist

Jumat Berkah, Sahabat Ganjar Tabur Kebaikan di Lima Provinsi 

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 22:12 WIB
Sahabat Ganjar membagikan ratusan paket sembako kepada masyarakat di Kota Jakarta Barat, Kabupaten Indramayu, Kota Bukittiggi, Kabupaten...
dok.pribadi

Imparsial: Motif Sensitif dalam Kasus Kematian Brigadir J Harus Diungkap

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:50 WIB
MOTIF sensitif dalam skandal Brigadir J haruslah diungkap ke publik. Sebab publik memilik hak untuk tahu karena pelakunya merupakan pejabat...
dok.KNPI

Generasi Muda DPP KNPI Dukung Upaya Menkopolhukam Mereformasi Polri

👤Selamat Saragih 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 21:35 WIB
SKANDAL kasus pembunuhan Brigadir J oleh Irjen Ferdi Sambo membuka mata publik bahwa anggota Polri mudah terbangun kesan kultur institusi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya