Sabtu 09 Juli 2022, 16:35 WIB

NasDem dan PDIP Buka Peluang Berkoalisi Demi Usung Ganjar

Putra Ananda | Politik dan Hukum
NasDem dan PDIP Buka Peluang Berkoalisi Demi Usung Ganjar

MI/Susanto
Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya

 

PARTAI NasDem menyatakan terbuka mengenai peluang membangun kolisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dalam perhelatan Pemilu 2024 demi mengusung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) 2024.

Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengungkapkan kerjasama NasDem dengan PDIP bukanlah sebuah hal baru dalam politik Tanah Air. "NasDem terbuka sekali. Bukan hal baru NasDem bekerjasama dengan PDIP," ungkap Willy saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (9/7).

Willy menuturkan, kerjasama NasDem dan PDIP sudah terjalin sejak awal pencalonan Joko Widodo (Jokowi) sebagai capres pada Pemilu 2014. Kerjasama tersebut berlanjut hingga kini di periode kedua pemerintahan Jokowi.

"Sudah bekerja sama sejak awal-awal pemerintahan Pak Jokowi. Tidak ada handicap sama sekali," ungkapnya.

Mengenai hubungan para ketua umum yang disebutkan mengalami kerenggangan, Willy menjelaskan hingga saat ini hubungan Ketua Umum NasDem Surya Paloh dan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri tetap berlangsung baik. Kerenggangan yang terjadi menurut Willy hanyalah sebuah persepsi dari publik.

"Hubungannya fine-fine saja. Keduanya kan kawan lama, kerenggangan hanya persepsi publik saja," ungkapnya.

Baca juga: Polri selidiki Penyimpangan Dana Korban Kecelakaan Lion Air oleh ACT

Namun, kendati demikian hingga saat ini NasDem mengaku belum menjadwalkan rencana pertemuan elite NasDem dengan PDIP di NasDem Tower seperti partai-partai lain. Willy menuturkan pihaknya tengah menunggu waktu yang tepat untuk mengadakan pertemuan dengan PDIP.

"Kita sedang ada beberapa fokus. Nanti kita lihat karena tidak ada hal yang tertutup semua terbuka kalau toh untuk memajukan politik kebangsaan," ungkap Willy.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Bambang Wuryanto alias Bambang Pacul menyatakan ketua umum partainya Megawati Soekarnoputri membuka pintu untuk berkomunikasi dengan ketua umum partai mana pun dalam rangka penjajakan koalisi menjelang Pilpres 2024, termasuk Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

"Bagaimana pun, Pak Surya Paloh dan Ibu Ketum ini dulu adalah orang yang sangat dekat. Anda jangan gampang menjustifikasi, PDIP susah (komunikasi dengan NasDem). Manusia susah diduga toh. Kau lihat Bambang Pacul berkelahi sama Ganjar Pranowo habis-habisan, ujungnya salam komando," ungkap Bambang

Kedua partai, kata dia, punya sejarah mengusung Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama selama dua periode. Melihat sejarah tersebut, Bambang menyebut, peluang kerjasama partainya dengan NasDem di Pilpres 2024 pun tidak tertutup.

"Pak Surya Paloh yang pertama menutup kekurangan PDIP yang sedikit untuk mendukung Pak Jokowi (di Pilpres 2014). Itu sejarah lho. Dalam politik itu enggak ada tutup-menutup. Kecuali kalau ring ideologinya jauh," ujar dia. (OL-4)

Baca Juga

dok.Setpres

Presiden Jokowi: Hukum Harus Ditegakkan Seadil-adilnya

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:40 WIB
"Hukum harus ditegakkan seadil-adilnya, tanpa pandang bulu," pesan Presiden Joko...
ANTARA

Presiden Ingatkan Jangan Ada Lagi Politik Identitas pada Pemilu

👤Indriyani Astuti 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 13:34 WIB
Presiden berharap semua pihak semakin dewasa dalam...
ANTARA/Galih Pradipta

Ketua MPR Apresiasi Misi Perdamaian Jokowi ke Rusia dan Ukraina

👤Putra Ananda 🕔Selasa 16 Agustus 2022, 12:18 WIB
Bamsoet menyebut kunjungan Jokowi ke Rusia dan Ukraina merupakan bentuk kenegarawanan dalam rangka melaksanakan tujuan negara melaksanakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya