Selasa 28 Juni 2022, 19:04 WIB

Komisi III DPR Agendakan RDP Bahas Penggunaan Ganja Medis

Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum
Komisi III DPR Agendakan RDP Bahas Penggunaan Ganja Medis

Antara Foto/SIGID KURNIAWAN
Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa

 

KOMISI III bakal menggelar rapat dengar pendapat (RDP) menyikapi aspirasi penggunaan ganja medis di Indonesia. Hal itu dilakukan dalam pekan ini.

"Kemungkinan kalau kosong, Kamis akan saya panggil untuk mendengar," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond Junaidi Mahesa di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, hari ini.

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra itu menyampaikan RDP tahap awal ini baru sebatas mendengar masukan dari masyarakat. Setelah itu, Komisi III akan mendengar pendapat dari pihak terkait, termasuk pakar bidang kesehatan.

"Nanti dokter dan macam-macam ahli kita undang minta masukan terhadap perubahan zat itu," ungkap dia.

Dia merespon baik sikap DPR terhadap aspirasi penggunaan ganja medis di Indonesia. Menurut dia, negara ini tidak boleh hanya melihat dari satu sisi ganja, terutama penggunaannya terhadap pengobatan.

Baca juga: 12 Outlet Holywings Ditutup, SatpolPP: Tidak Boleh Ada Aktivitas

"Jangan sampai kita menahan sesuatu yang ternyata nilai manfaatnya lebih besar daripada mudaratnya. Nah ini yang perlu dikaji," sebut dia.

Namun, Desmond mengaku belum bisa mengomentari terlalu banyak terkait penggunaan ganja medis. Dirinya ingin mendengar pendapat dari berbagai pihak terhadap wacana tersebut.

Selain itu, Komisi III ingin mempelajari penerapan ganja medis di berbagai negara. Sehingga, komisi membidangi hukum itu bisa mengambil sikap tepat terhadap wacana tersebut.

"Kenapa di Belanda, di Thailand itu dibebaskan, ini kita kaji. Apakah dengan potensi secara ekonomi dan kesehatan itu, nah catatan catatan inilah yang akan kami bicarakan pada saat pembahasan revisi UU Narkotika," ujar dia.(OL-4)

Baca Juga

POLRI.GO.ID/HUMAS

KPK Verifikasi Laporan Dugaan Penyuapan Ferdy Sambo ke Pegawai LPSK

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:33 WIB
Ali mengatakan verifikasi itu penting dilakukan untuk menghasilkan rekomendasi apakah laporan pengaduan tersebut layak ditindaklanjuti atau...
ANTARA/HO-Tim Media Prabowo Subianto.

Prabowo Dapat 4 Bintang Kehormatan dari TNI

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:16 WIB
Prabowo Subianto menerima empat bintang kehormatan yang disematkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa dan tiga kepala staf...
ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

1.811 Penerimaan Gratifikasi Dilaporkan ke KPK selama Semester I 2022

👤Mediaindonesia 🕔Senin 15 Agustus 2022, 20:11 WIB
KPK juga mengungkapkan bahwa laporan penerimaan gratifikasi sepanjang KPK berdiri baru 64,1 persen dari 774 lembaga pemerintah, termasuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya