Minggu 05 Juni 2022, 14:15 WIB

Pendukung Jokowi Banyak Beralih ke Prabowo

Mediaindindonesia.com | Politik dan Hukum
Pendukung Jokowi Banyak Beralih ke Prabowo

Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo dan Prabowo Subianto

 

HASIL survey Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dipaparkan Jumat (3/6) menyimpan fenomena politik menarik. 

Fenomena menarik tersebut karena penggerusan dukungan pemilih Presiden Joko Widodo terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden menurun dalam satu tahun terakhir. 

Sebaliknya, dukungan pemilih Jokowi terhadap Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto trennya terus naik.

"Ini tentu fenomena menarik karena terjadi penggerusan dukungan pemilih Presiden Jokowi dari Ganjar bergeser ke Prabowo yang trennya terus meningkat," kata pengamat politik Arif Nurul Imam, Minggu.

Dikatakan Arif, SMRC menyebutkan terjadi rivalitas perebutan dukungan pemilih Jokowi yang meski elektabilitas Ganjar masih unggul, namun terus merosot. Selama kurun  Desember-Maret, Prabowo naik 4 persen sementara Ganjar turun 4 persen. 

"Trend ini bisa dibaca bahwa persepsi pemilih pendukung Pak Jokowi mulai berpaling dari Ganjar ke Prabowo," ujarnya. 

Kemesraan Prabowo dengan Presiden Jokowi, kata Arif, boleh jadi membuat pemilih berpaling dan mendukung Menteri Pertahanan tersebut  Selain kemarin Lebaran sowan Jokowi, kehadiran Gibran ke Hambalang belajar naik kuda bersama Prabowo makin menguatkan kesan pada publik bahwa Prabowo memang dekat dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Di sisi lain, lanjutnya, Ganjar Pranowo juga kena kritik bertubi-tubi dari elite PDIP yang menganggap kerjanya hanya pencitraan dan bermain medsos.

"Jadi wajar kalau trend pemilih pendukung Jokowi berpaling dari Ganjar dan kemudian akan mendukung Prabowo. Ini boleh jadi karena persepsi pemilih Jokowi menganggap Prabowo mampu menerjemahkan visi Jokowi serta kinerja sebagai Menhan dinilai baik," pungkasnya. 

Prabowo dan Ganjar memang kerap berada di posisi teratas dalam berbagai jajak pendapat lembaga survei terkait Pilpres 2024. Namun belakangan, SMRC mencatat pemilih Jokowi-Ma'ruf banyak yang memutuskan beralih mendukung Menhan Prabowo di Pilpres 2024. (Ant/OL-8)

Baca Juga

dok.DPP KNPI

DPP KNPI Dukung Uji Materi UU Polri Untuk Polri yang Lebih Baik

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 16:29 WIB
DPP KNPI akan segera ajukan uji materi UU Polri menyusul terkuaknya kasus terbunuhnya Brigadir J atau polisi tembak polisi di rumah mantan...
Ist/DPR

Aboe Bakar Al Habsyi Apresiasi Kapolri Bubarkan Satgasus Polri

👤mediandonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:55 WIB
Anggota Komisi III DPR RI Habib Aboe Bakar Al Habsyi mengapresiasi langkah Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang telah menghentikan...
Antara

Kuasa Hukum Sebut Istri Ferry Mursyidan Baldan Dikriminalisasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 13:01 WIB
Bareskrim Polri menetapkan istri eks Menteri ATR/BPN Ferry Mursyidan Baldan yakni Hanifah Husein sebagai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya