Kamis 19 Mei 2022, 18:06 WIB

Korupsi Minyak Goreng, Kejagung Periksa Dua Anak Buah Lin Che Wei

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Korupsi Minyak Goreng, Kejagung Periksa Dua Anak Buah Lin Che Wei

Dok. Kejagung
Lin Che Wei yang menjadi tersangka kasus korupsi minyak goreng.

 

PENYIDIK pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (JAM-Pidsus) Kejaksaan Agung mulai memeriksa dua anak buah Lin Che Wei (LCW) sebagai saksi. 

Pemeriksaan dilakukan dua hari setelah LCW alias Weibinanto Halimjati ditetapkan sebagai tersangka, dalam kasus dugaan korupsi fasilitas izin ekspor CPO dan produk turunannya, termasuk minyak goreng.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung Ketut Sumedana mengatakan dua saksi yang diperiksa berinisial APP dan MW. Keduanya merupakan analis pada PT Independent Research & Advisodry Indonesia. LCW diketahui menjabat sebagai pendiri dan penasihat kebijakan/analisa perusahaan tersebut.

Baca juga: Kejaksaan Agung Usut Pihak yang Bawa Lin Che Wei ke Kemendag

"APP dan MW diperiksa terkait penyidikan perkara dugaan tipikor dalam pemberitan fasilitas ekspor CPO dan produk turunannya pada bulan Januari 2021 sampai Maret 2022," ujar Ketut dalam keterangan resmi, Kamis (19/5).

Selain diperiksa sebagai saksi untuk LCW, penyidik juga mendalami pengetahuan keduanya terkait empat tersangka yang telah ditetapkan Kejagung sebelumnya.

Adapun satu saksi lain yang diperiksa di samping APP dan MW, berinisial YB selaku Direktur PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk. Dalam laman resminya, https://cp.co.id/, perusahaan tersebut bergerak di bidang industri pengolahan makanan.

Baca juga: Penyidikan Korupsi Minyak Goreng jangan Ditumpangi Isu Politik

"Pemeriksaan saksi dilakukan untuk memperkuat pembuktian dan melengkapi pemberkasan dalam perkara dugaan tipikor dimaksud," jelas Ketut.

LCW ditersangkakan karena berperan mengondisikan pemberian izin persetujuan ekspor dari Kemendag ke beberapa perusahaan. Kegiatan itu dilakukan bersama tersangka Indrasari Wisnu Wardhana selaku Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Kemendag.

Tiga tersangka lain merupakan pihak swasta, yaitu Master Parulian Tumanggor selaku Komisaris PT Wilmar Nabati Indonesia. Lalu, Senior Manager Corporate Affairs PT Pelita Agung Agrindustri/Permata Hijau Group Stanley MA selaku dan Picare Tagore Sitanggang selaku General Manager di Bagian General Affair PT Musim Mas.(OL-11)

 

Baca Juga

DOK Kemendagri.

Kemendagri Tegaskan Penjabat Gubernur Aceh bukan Perwira TNI Aktif

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 00:10 WIB
Achmad merupakan perwira tinggi TNI lulusan angkatan 1989. Pria kelahiran Bandung 24 Februari 1967 itu sempat menjabat sebagai Tenaga Ahli...
ANTARA/Aprillio Akbar

Mahfud MD: ACT Harus Diproses Hukum Jika Terbukti Selewengkan Dana Kemanusiaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 00:05 WIB
PPATK sudah sejak lama melakukan analisis terhadap transaksi keuangan...
Dok DPR

Puan Mengaku Ditugasi Megawati Jajaki Koalisi dengan Partai Lain

👤Supardji Rasban/ Narendra Wisnu Karisma 🕔Selasa 05 Juli 2022, 22:44 WIB
"Saya merasa dekat dengan semua (pimpinan) parpol, jadi ini hanya masalah waktu saja. Mereka pun akan menerima silaturahmi dengan kita...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya