Jumat 01 April 2022, 12:18 WIB

Fakarich, Guru Indra Kenz, Dijemput Paksa Hari Ini

Siti Yona Hukmana | Politik dan Hukum
Fakarich, Guru Indra Kenz, Dijemput Paksa Hari Ini

Instagram @fakarlch
Fakar Suhartami Pratama

 

PENYIDIK Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareskrim Polri menjemput paksa Fakar Suhartami Pratama alias Fakarich, hari ini, Jumat (1/4). 

Guru tersangka kasus investasi bodong trading binary option lewat aplikasi Binomo, Indra Kesuma alias Indra Kenz itu dua kali mangkir panggilan pemeriksaan.

"Terhadap saudara F, perekrut para affiliator dipastikan tidak memenuhi panggilan penyidik, sudah dilakukan dua kali panggilan dan tidak hadir. Oleh sebab itu, selanjutnya, penyidik akan melakukan penjemputan dengan surat perintah membawa karena sudah dua kali tidak memenuhi panggilan," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Gatot Repli Handoko di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (1/4).

Baca juga: Fakarich belum Dipastikan Hadir di Pemeriksaan Hari Ini

Gatot mengatakan penjemputan paksa itu dilakukan pada hari ini. Surat jemput paksa telah diterbitkan penyidik Dittipideksus Bareskrim Polri.

"Penyidik berusaha melakukan jemput paksa hari ini, suratnya sudah diterbitkan," ujar mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu.

Namun, Gatot enggan membeberkan keberadaan Fakarich. Pasalnya, hal itu bisa membuat perekrut affiliator Binomo itu melarikan diri.

"Posisi enggak bisa kita sampaikan, karena tadi saya bilang akan (kabur), makanya ada beberapa yang bisa kami sampaikan, ada beberapa yang tidak bisa kami sampaikan," ungkap Gatot.

Fakarich dua kali mangkir pemeriksaan Bareskrim Polri. Yakni pada Senin (21/3) dan Senin (28/3). Fakarich diperiksa untuk mendalami peran di Binomo dan dugaan keterlibatan membantu Indra Kenz menghilangkan barang bukti.

Indra Kenz ditetapkan sebagai tersangka kasus investasi bodong trading binary option lewat aplikasi Binomo pada 24 Februari 2022. Indra Kenz mempromosikan trading Binomo yang diduga kuat investasi bodong dan judi online.

Afiliator Binomo itu kini ditahan di Rumah Tahanan (Rutan) Bareskrim Polri, Jakarta Selatan. Indra dijerat Pasal 45 ayat 1 jo Pasal 28 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), Pasal 3, 5, 10 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), Pasal 378 KUHP (tentang Penipuan). Dengan ancaman hukuman 20 tahun penjara. (Ant/OL-1)

Baca Juga

ANTARA

Presiden Teken Keprres TGIPF Tragedi Kanjuruhan Hari Ini

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 13:14 WIB
Tim tersebut diharapkan mampu bekerja secara fokus dan cepat dalam mengungkap akar permasalahan dari peristiwa yang merenggut 125 korban...
AFP

Presiden: Tim Pencari Fakta Kanjuruhan Harus Selesai 30 Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 11:41 WIB
Dengan sumber daya yang cukup besar, tim tersebut dituntut bisa memberikan kesimpulan dalam kurun kurang dari 30 hari ke...
Antara

Polri Sebut Limpahkan Barang Bukti Kasus Tewasnya Brigadir J Hari Ini

👤Khoerun Nadif Rahmat 🕔Selasa 04 Oktober 2022, 10:56 WIB
POLRI sebut hari ini Rabu (4/10) pihaknya akan lakukan pelimpahan barang bukti kasus tewasnya Brigadir J ke Kejaksaan Negeri Jakarta...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya