Kamis 10 Maret 2022, 19:50 WIB

Presiden Soroti Urusan Pertanahan di IKN Nusantara

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden Soroti Urusan Pertanahan di IKN Nusantara

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo meninjau lokasi rencana ibu kota baru di Sepaku, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur

 

PRESIDEN Joko Widodo menyampaikan sejumlah arahan mengenai pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Salah satu hal yang disoroti kepala negara adalah masalah pertanahan dan kelembagaan.

Dalam arahannya, presiden menginstruksikan jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR) untuk segera menyelesaikan status kepemilikan tanah di kawasan ibu kota baru.

“Identifikasi dan verifikasi juga tanah-tanah yang mungkin masih dimiliki atau dikuasai perusahaan atau masyarakat. Kita harus memastikan bahwa pengadaan tanah di Nusantara ini hanya dapat dialihkan kepada instansi yang memerlukan tanah untuk pembangunan IKN,” ujar Jokowi saat memimpin rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta, pada Kamis (10/3).

Selanjutnya, Presiden menekankan kepada kementerian terkait untuk tidak hanya memperketat, tetapi juga menghentikan penerbitan dan pengalihan hak atas tanah di wilayah IKN. Jokowi pun meminta Menteri ATR untuk melakukan konsolidasi, baik mengenai kepemilikan maupun penggunaan tanah di IKN.

Baca juga: Presiden: Bambang dan Dhony Kombinasi Sempurna

"Berkaitan dengan rencana tata ruang di kawasan IKN, ini harus bisa dipercepat pelepasan kawasan hutannya, terutama yang berada di kawasan milik pemerintahan," lanjut Presiden.

Selanjutnya, Presiden Jokowi juga menekankan percepatan pembentukan sekretariat sebagai mesin birokrasi di IKN Nusantara untuk membantu pelaksanaan tugas-tugas otorita. Kepala Negara juga meminta agar masyarakat daerah setempat dilibatkan dalam struktur Otorita IKN.

"Ini juga akan segera diselesaikan baik kantor di sini maupun di Balikpapan. Saya harapkan nanti otorita juga bisa untuk deputinya merekrut orang daerah sehingga keterlibatan masyarakat di daerah betul-betul kita libatkan," ucapnya.(OL-4)

Baca Juga

Antara

Presiden akan Hadiri Peringatan Hari Pers Nasional dan Resmikan Terminal di Sumut

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 09 Februari 2023, 09:49 WIB
Presiden Joko Widodo akan mengawali kunjungan kerja di Sumatra Utara dengan menghadiri Puncak Peringatan Hari Pers Nasional...
MI/Susanto

Dua Provinsi Dinilai Sangat Rawan Menjelang Pemilu 2024

👤Theofilus Ifan Sucipto 🕔Kamis 09 Februari 2023, 09:39 WIB
Listyo menyebut pihaknya juga memetakan enam indeks potensi kerawanan Pemilu...
dok.instagram

GP Mania Bubar Sebelum Perang, SaGa: Jangan Patah Semangat

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 09:16 WIB
KELOMPOK sukarelawan Ganjar Pranowo Mania atau GPMania bakal membubarkan diri sebelum Pilpres 2024...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya