Selasa 08 Maret 2022, 14:45 WIB

KSP: Kepala Otorita IKN Harus Punya Pengalaman Membangun

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
KSP: Kepala Otorita IKN Harus Punya Pengalaman Membangun

MI/M Irfan
Maket Ibu Kota Negara

 

TENAGA Ahli Utama Kantor Staf Presiden Wandy Tuturoong mengungkapkan proses pemilihan kepala otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara masih berlangsung.

Ia mengatakan pemerintah membutuhkan waktu demi memastikan sosok yang terpilih memiliki kemampuan mumpuni untuk memimpin orkestrasi pembangunan di ibu kota baru.

"Kepala otoritas harus memiliki pengalaman membangun dan mewujudkan pembangunan fisik dalam skala besar di organisasi pemerintahan atau swasta," ujar Wandy kepada wartawan, Selasa (8/3).

Selain itu, tambah dia, kepala otorita IKN juga harus mampu mengkoordinasikan berbagai pemangku kepentingan dalam pembangunan dan pemindahan IKN, mulai dari berbagai kementerian/lembaga yang terlibat dalam fase awal pembangunan hingga pemerintahan daerah di sekitar kawasan.

Baca juga: Puan: Lindungi Perempuan dalam Pusaran Konflik

Kemampuan berkomunikasi dengan berbagai pihak, termasuk masyarakat setempat dan para ahli juga menjadi pertimbangan Presiden Joko Widodo dalam memilih calon Kepala Otorita IKN.

"Karena pembangunan IKN tidak bisa dipisahkan dari wilayah sekitarnya dalam sebuah rancangan tata ruang yang terintegrasi," terang Wandy.

Ia memastikan bahwa otorita bisa langsung tancap gas setelah aturan-aturan turunan UU IKN terbit, terutama Perpres tentang Otorita IKN dan Keppres tentang pengangkatan kepala Otorita IKN. (P-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/M Risyal H

Lukas Enembe Diminta Serahkan Rekam Medis Resmi Soal Kesehatannya

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:45 WIB
"Alasan ketidakhadiran tersangka karena kesehatan tentu juga harus disertai dokumen resmi dari tenaga medis supaya kami dapat analisis...
MI/Heri Susetyo

Paska Andika Perkasa, Panglima TNI dari AL, AU atau AD Lagi Ya?

👤Muhamad Fauzi 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:20 WIB
PANGLIMA TNI, Jenderal Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun sebagai prajurit TNI pada Desember 2022. Penggantinya dari matra AU, AL...
MI/Susanto

Kritik AHY ke Jokowi Soal Infrastruktur Dinilai Sebagai Langkah Bunuh Diri

👤Kautsar Widya Prabowo 🕔Sabtu 24 September 2022, 23:12 WIB
“Infrastruktur itu backbone politik Jokowi. Kepuasaan publik di bidang infrastruktur memuaskan. Wajah politik Jokowi itu wajah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya