Kamis 30 Desember 2021, 15:39 WIB

Timsel Tegaskan akan Independen Memilih Anggota KPU-Bawaslu

Indriyani Astuti | Politik dan Hukum
Timsel Tegaskan akan Independen Memilih Anggota KPU-Bawaslu

MI/ANDRI WIDIYANTO
Ketua Tim Seleksi (Timsel) Calon Anggota KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro.

 

TIM Seleksi (Timsel) Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI periode 2022-2027, menegaskan akan solid dan independen memilih nama-nama yang akan diserahkan pada presiden.

Ketua Tim Seleksi Juri Ardiantoro menjelaskan dalam proses wawancara selalu ada dinamika yang terjadi antara anggota tim. Namun, menurutnya tim bekerja secara solid. Hal itu ia utarakan mengklarifikasi berita di media massa dan media sosial, bahwa Ketua Timsel menegur Sekretaris Tim Seleksi Bahtiar karena memuji calon anggota.

Baca juga: Istana Negara: Posisi Wakil Menteri Disiapkan untuk Hadapi Ketidakpastian

“Ada persepsi yang tidak pas, ada kesan bahwa Timsel itu tidak solid, misalnya ada istilah ‘Ketua Timsel menegur’, dan kata-kata sejenis itu," ujar Juri melalui keterangan Kamis (30/12). 

Ia mengatakan tidak ada friksi diantara tim seleksi. Adapun memuji salah satu bakal calon anggota KPU. Hal ini menimbulkan sentimen negatif pada citra Timsel, seolah dengan memuji, Timsel menjadi tak objektif dan memihak salah satu bakal calon.

Sekretaris Timsel yang merupakan Direktur Jenderal (Dirjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Politik & PUM) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Bahtiar, menjelaskan setiap anggota Timsel memiliki cara dan gaya dalam menggali informasi, isi pikiran, sikap, pandangan, tiap calon anggota yang diwawancara. Ia mengatakan kesan yang timbul di media seolah tim seleksi partisan terhadap calon tertentu.

"Padahal kita ini objektif, setiap anggota Timsel itu memiliki hak independensi, setiap anggota Timsel itu independensinya sangat tinggi,” tegas Bahtiar.

Pada sesi wawancara, ujar dia, secara terbuka para calon anggota KPU dan Bawaslu diberikan kesempatan untuk menjelaskan kapasitas dan kemampuannya. Namun, ada pula wawancara tertutup oleh tim seleksi untuk mengklarifikasi berbagai laporan dari masyarakat yang sifatnya cenderung pribadi.

“Saya pastikan kami solid, mohon maaf juga, terutama saya, kalau cara menggalinya kurang pas, poin besarnya itu adalah seni dari tim 11 ini untuk menggalikelebihan dan kelemahan calon," ucapnya. (OL-6)

Baca Juga

Ist

Kapolri Dapat Dukungan dari Mahasiswa Terkait Penanganan Kasus Joshua

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 20:41 WIB
Jenderal Sigit dinilai mampu membuka kasus secara transparan, terbuka, dan berkeadilan serta tak pandang bulu sebagai bentuk...
Antara

Publik Minta Jokowi Batalkan Keppres Pelanggaran HAM Berat

👤Putra Ananda 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 20:20 WIB
Kontras menilai keppres anyar itu mengindikasikan negara tidak mampu memenuhi pilar keadilan. Padahal, negara memiliki kewajiban...
Ist

HUT ke-77 RI di Istana Negara, Zulhas Kenakan Baju Adat Lampung Twist Modern

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 17 Agustus 2022, 20:16 WIB
Zulhas kenakan baju adat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya