Kamis 09 Desember 2021, 10:25 WIB

Presiden: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Harus Lebih Baik

Andhika prasetyo | Politik dan Hukum
Presiden: Indeks Persepsi Korupsi Indonesia Harus Lebih Baik

MI/Susanto
Presiden RI Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Ketua KPK Firli Bahuri usai menghadiri peringatan Hari Antikorupsi Sedunia

 

PRESIDEN Joko Widodo menginstruksikan seluruh aparat penegak hukum, mulai dari KPK, Polri hingga Kejaksaan Agung untuk melakukan cara-cara yang luar biasa untuk memberantas korupsi dari Tanah Air. Presiden ingin Indeks Persepsi Korupsi (IPK) Indonesia mengalami perbaikan pada tahun ini.

Sebagaimana diketahui, dalam Indeks Persepsi Korupsi yang dirilis Transparency International Indonesia (TII), Indonesia hanya menempati peringkat 102 dari 180 negara.

Sementara, negara tetangga seperti Malaysia sudah di peringkat 57, dan Brunei Darussalam di posisi 35. Bahkan, Singapura jauh di atas yakni di urutan ke-3.

"Kalau dibandingkan negara-negara tetangga, ranking persepsi korupsi kita masih perlu diperbaiki," ujar Jokowi dalam peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia di Gedung KPK, Jakarta, Kamis (9/12).

Baca juga: Yuk Mengenal Dekrit Presiden 5 Juli 1959

Kendati peringkat Indonesia di level internasional masih buruk, kepala negara menyebut situasi penanganan korupsi di dalam negeri sudah semakin membaik.

Itu ditandai dengan semakin tingginya Indeks Perilaku Antikorupsi sebagaimana dirilis Badan Pusat Statistik. Pada 2021, Indeks Perilaku Antikorupsi di Tanah Air mencapai 3,88. Angka tersebut naik dari capaian tahun sebelumnya yakni 3,84 dan di 2019 yang hanya 3,7. (P-5)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha

Minyak Goreng Satu Harga Tidak Hadir di Pasar Tradisional

👤Achmad Safuan 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 08:28 WIB
Pemantauan Media Indonesia Sabtu (22/1) harga minyak goreng kemasan maupun curah berbagai merk masih tinggi Rp18.000-Rp21.000 per liter di...
 BIRO PERS/SETPRES/LUKAS

Sejarawan UGM: Nama Ibu Kota Jangan Hilangkan Aspek Historis

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Jumat 21 Januari 2022, 19:40 WIB
Sejarawan UGM Dr Arif Akhyat mengatakan nama ibu kota negara sebaiknya merujuk pada nama wilayah itu sebelumnya, agar tidak hilang aspek...
ANTARA/Wahyu Putro A

Polisi Segera Tetapkan Tersangka Kasus Dugaan Kekerasan Seksual Bocah di Manado

👤Hilda Julaika 🕔Jumat 21 Januari 2022, 19:13 WIB
Polisi masih menyelidiki kasus dugaan kekerasan seksual yang menimpa bocah 10 tahun berinsial CT di Manado, Sulawesi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya