Jumat 03 Desember 2021, 17:08 WIB

Perdagangan Orang Masih Merajalela di tengah Pandemi, Perempuan jadi Korban Terbanyak 

M. Iqbal Al machmudi | Politik dan Hukum
Perdagangan Orang Masih Merajalela di tengah Pandemi, Perempuan jadi Korban Terbanyak 

Ilustrasi
Ilustrasi perdagangan orang

 

SEPANJANG 2021, Organisasi Internasional untuk Migrasi (International Organization for Migration/IOM) Indonesia mencatat korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO) masih merajalela di tengah pandemi ini. 

Korban berjenis kelamin perempuan masih mendominasi, IOM sendiri mendampingi 70 korban TPPO dari jumlah tersebut 38 perempuan dan 32 orang laki-laki. 

TPPO saat ini bukan hanya pengiriman tenaga kerja ilegal ke luar negeri tetapi juga internal yakni perpindahan seseorang dari luar wilayah domisilinya dengan ilegal juga termasuk TPPO. 

National Project Officer Counter Trafficking Unit IOM Indonesia Eny Rofiatul Ngazizah mengatakan, dengan adanya pembatasan aktivitas masyarakat dan pandemi covid-19 ini, TPPO justru cenderung meningkat. Selain itu aktivitas kegiatan belajar yang mengharuskan anak-anak menggunakan gawai juga menjadi cara merekrut korban TPPO. 

Baca juga : Jokowi Minta Polri Kawal Investasi di Daerah

"Dengan adanya KBM menggunakan gadget untuk belajar akhirnya anak-anak ini masuk ke dalam perangkap jaringan tindak pidana perdagangan orang. Mereka (korban) diberi modus bekerja di kafe, kota, artis, model dan lainnya dengan iming-iming uang instan yang sifatnya enak dan nyaman," kaya Eny dalam Media Talk: Kondisi Tindak Pidana Perdagangan Orang di Indonesia dan Dampaknya pada Perempuan dan Anak, Jumat (3/12). 

Alhasil anak-anak tersebut terjebak dalam tindak pidana perdagangan orang. Mayoritas para korban dieksploitasi secara seksual dan tenaga kerja. 

Angka korban yang didampingi IOM ada 70 orang dengan 24 korban mengalami TPPO di dalam negeri dan 46 korban mengalami TPO lintas negara. Jenis eksploitasi secara seksual ada 17 orang, kemudian eksploitasi tenaga kerja 53 orang yang biasanya dialami oleh Anak Buah Kapal (ABK). 

"Dari usia korban TPPO, untuk anak 12 orang dan 58 orang merupakan dewasa. Itu merupakan data profil yang dimiliki IOM dari Januari hingga Desember 2021 ini," ujarnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara

Di Balik Terbit Rencana Tersimpan Bencana

👤Muklis Effendi (Story Builder) 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:53 WIB
Publik baru terperangah kemudian marah ketika LSM Migrant Care menyebut bangunan itu sebagai kerangkeng manusia, tempat bagi perbudakan...
Antara

Buronan Pidsus Kejagung Berjumlah 247 Orang

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:03 WIB
Namun, Febrie tidak bisa memastikan berapa banyak jumlah buronan yang bersembunyi di...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

PDIP: Arteria Dahlan Dahlan Sudah Diberi Sanksi Peringatan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:29 WIB
Menurut Hasto, hal ini menjadi pelajaran bagi Arteria dan seluruh kader meskipun apa yang disampaikan Arteria dalam kapasitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya