Jumat 03 Desember 2021, 14:40 WIB

Jokowi Minta Polri Kawal Investasi di Daerah

Dhika kusuma winata | Politik dan Hukum
Jokowi Minta Polri Kawal Investasi di Daerah

Dok.Setpres
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo meminta jajaran Polri turut mengawal investasi di daerah hingga terealisasikan. Presiden meminta Polri mengawalnya agar tak ada yang mengganggu.

"Jadi kalau ada yang ganggu-ganggu di daerah urusan investasi, kawal dan dampingi agar setiap investasi betul-betul bisa direalisasikan karena kunci penggerak ekonomi kita ada di situ," ujar Presiden saat memberikan pengarahan kepada Kepala Kesatuan Wilayah (Kasatwil) 2021 di Kabupaten Badung, Bali, Jumat (3/12).

Jokowi menyampaikan investasi penting untuk dikawal karena berdampak besar bagi pertumbuhan. Investasi menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi nasional. Adapun APBN hanya berkontribusi sebesar 15%.

"APBN itu hanya mempengaruhi kurang lebih 18%-15% dari pertumbuhan ekonomi yang kita miliki. Jangan keliru. Artinya apa, 85% perputaran uang, pertumbuhan ekonomi itu ada di swasta dan BUMN," ujarnya.

Baca juga: Kominfo: Konten Pornografi, Perjudian dan Penipuan Dominasi Ruang Digital Indonesia

Sebab itu, Jokowi berpesan kepada Kapolri agar jajarannya turut mengawal investasi. Presiden meminta Kapolri bagi jajaran yang tidak mampu mengawal investasi sebaiknya dicopot.

"Saya sudah titip juga ke Kapolri, Kapolda, yang tidak bisa menjaga diperingatkan. Sulit tidak bisa mengawal, tidak bisa menyelesaikan yang berkaitan dengan agenda besar negara kita, maaf saya keras, ngomong keras, tidak bisa, diganti," tegas Jokowi.

Presiden menjelaskan sekarang ini menyebar di berbagai daerah tidak hanya di Jawa tetapi juga di luar Jawa. Investasi di luar Jawa kini tercatat lebih banyak yakni sekitar 51,7% dibandingkan Jawa yang berkontribusi sekitar 48%.

"Tahun ini target (investasi) Rp900 triliun, 2022 targetnya Rp1.200 triliun. Saya hanya ingin titip kepada jajaran Polri dari pusat sampai ke daerah kawal dan jaga betul yang namanya investasi. Karena kunci kita di sini bukan di APBN," ucap Jokowi. (OL-4)

Baca Juga

ANTARA

Pemilu 2024 Disebut Berpotensi Munculnya Politik Identitas

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:15 WIB
Mahfudz mengingatkan semua pihak untuk mengantisipasi munculnya kembali politik identitas yang menciptakan pembelahan atau polarisasi...
Ist

IPW Minta Polri Usut Pelanggaran Hukum Pelat Nomor Kendaraan Arteria Dahlan

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 13:00 WIB
pelat nomor setiap kendaraan harus ada pembeda. Nomor bisa sama tapi ada pembeda pada huruf atau yang...
MI/MOHAMAD IRFAN

Wakil Ketua Umum DPP Partai NasDem Terpilih jadi Ketua DMI Sulteng

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 11:25 WIB
Ahmad M Ali bersedia dan siap mengembangkan DMI, serta mengoptimalkan program-program yang pengembangan fungsi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya