Senin 22 November 2021, 18:34 WIB

KY Pastikan Seleksi Hakim Agung Perdata Bebas Mafia Tanah 

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
KY Pastikan Seleksi Hakim Agung Perdata Bebas Mafia Tanah 

Ilustrasi
Ilustrasi palu sidang hakim agung

 

KOMISI Yudisial (KY) memastikan proses seleksi satu hakim ad hoc kamar perdata dapat terbebas dari mafia tanah. Kuncinya dengan penulusuran rekam jejak serta masukan masyarakat. 

"Dalam rangka membebaskan calon hakim agung kamar pidana dari mafia tanah, tentunya KY akan mengumpulkan beberapa laporan dari berbagai pihak, misalnya kejaksaan, kepolisian, dari KY ada biro investigasi, dan laporan masyarakat," papar Ketua Bidang Rekrutmen Hakim KY Siti Nurdjanah, pada acara bertajuk Seleksi Calon Hakim Agung dan Hakim ad hoc Tipikor di MA Tahun 2021/2022, Senin (22/11). 

Ia mengatakan seluruh laporan dari semua pihak tersebut akan diklarifikasi kepada para peserta. Dengan langkah tersebut KY menginginkan satu hakim agung kamar perdata berintegritas serta terbebas dari jaringan mafia tanah. 

"Jadi jangan sampai calon hakim agung kamar perdata itu terindikasi dari jaringan mafia tanah. Tapi kita harus optimistis ada calon hakim yang nantinya terjaring itu terbebas dari mafia tanah," ungkapnya. 

Siti menerangkan KY akan menjaring tiga calon hakim ad hoc tipikor. Proses ini akan bersamaan dengan pencarian delapan kandidat yang mengisi kursi hakim agung. 

Rinciannya, lanjut dia, empat hakim agung kamar pidana, satu hakim agung kamar perdata, dua hakim agung kamar tata usaha negara (TUN) dan sisanya hakim agung kamar agama. 

Baca juga : Pengen Jalur Damai, Tetapi Anak Nia Daniaty Ogah Kembalikan Uang Korban Rp9,7 Miliar

Siti juga merinci seluruh tahapan seleksi untuk tiga hakim ad hoc tipikor dan delapan hakim agung. "Mulai hari ini hingga 10 Desember 2021 merupakan waktu pendaftaran. Para pendaftar bisa mengirimkan dokumen persyaratan melalui laman resmi KY," paparnya. 

Setelah itu, kata Siti, KY akan meneliti dokumen para pendaftar mulai 14 hingga 23 Desember 2021. Pengumuman seleksi tahap administrasi ini akan dilakukan pada 29 Desember 2021. 

Tahap selanjutnya, Siti mengatakan para calon yang lulus harus mengikuti tes seleksi mutu pada 10 hingga 12 Januari 2022. Peserta yang lulus akan diumumkan pada 31 Januari 2022. 

Selanjutnya yang lulus akan memasuki tes kesehatan pada 1 hingga 11 Maret 2022, pengumumannya 20 April 2022. Terakhir tes wawancara mulai 25 hingga 29 April 2022 dan proses penyampaian ke DPR akan dilangsungkan pada 14 Mei2022. 

"Kami menegaskan kepada semua calon pendaftar untuk menghindari dan mengabaikan pihak yang mengaku bisa membantu atau menjamin lulus dari seleksi ini," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

dok.DPR-RI

Partai Golkar Solid Usung Airlangga Capres di 2024

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:20 WIB
KETUA DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga menegaskan, pengurus Golkar baik pusat dan daerah seluruh Indonesia solid mendukung Airlangga...
dok.Ant

Pencabutan Perizinan Pertambangan, Perkebunan dan Kehutanan harus Transparan

👤Denny Susanto 🕔Minggu 23 Januari 2022, 09:35 WIB
KEBIJAKAN pemerintah mencabut ribuan izin sektor pertambangan, perkebunan dan kehutanan dengan alasan menata kelola sumber daya alam...
Ist

LPOI-LPOK Dukung Pengadaan Perppu Pelarangan Ideologi selain Pancasila

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 22 Januari 2022, 22:25 WIB
Tantangan utama bangsa Indonesia hari ini ialah penyebaran ideologi yang bertentangan dengan ideologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya