Kamis 28 Oktober 2021, 19:55 WIB

Raih Rekor Senator Termuda, Jialyka Ajak Pemuda Masuk Politik

Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Raih Rekor Senator Termuda, Jialyka Ajak Pemuda Masuk Politik

DOK Pribadi.
Jialyka Maharani (kanan).

 

KABAR membanggakan datang dari anggota DPD sekaligus MPR asal Provinsi Sumatra Selatan, Jialyka Maharani. Pasalnya, bertepatan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 tahun, senator berusia 24 tahun tersebut mendapat penghargaan dan penganugerahan sebagai anggota DPD dan MPR termuda sepanjang sejarah oleh Museum Rekor Indonesia (Muri). 

Penganugerahan tersebut diserahkan langsung oleh pihak Muri di Kompleks MPR, DPR, dan DPD, Jakarta, yang dihadiri secara langsung oleh Sekjen DPD Rahman Hadi dan Sekjen MPR Ma'ruf Cahyono pada Kamis (28/10).
"Pada hari ini Muri memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Ibu Jialyka Maharani sebagai anggota DPD dan MPR termuda. Muri pun berpikir rekor ini akan sulit untuk ditumbangkan. Muri sangat mengapresiasi dan berharap dapat menjadi role model dan inspirasi bagi generasi muda lain," ujar Triyono selaku Manajer Muri, dalam keterangan resmi, Kamis (28/10).

Rahman Hadi juga sependapat bahwa rekor Muri ini akan sulit dipecahkan lagi, kecuali jika regulasi diubah karena usia anggota DPD dan MPR Jialyka Maharani berada di batas usia minimal pencalonan sebagaimana ditetapkan oleh Undang-undang. Senator kelahiran 20 September 1997 itu menyampaikan bahwa penganugerahan dan penghargaan tersebut juga merupakan kado untuk seluruh pemuda di Indonesia yang saat ini sedang memperingati Hari Sumpah Pemuda. 

"Tepat 93 tahun yang lalu, di hari ini, ada Jong Sumatra, Jong Ambon, Jong Java, dan Jong Celebes berkumpul sebagai pemuda. Mereka meninggalkan ego masing-masing untuk bersatu demi Indonesia," katanya.

Pada kesempatan ini, Jialyka juga mendorong agar generasi muda untuk dapat terjun ke dunia politik dan ikut bergabung dalam pembangunan Indonesia. Menurutnya, usia muda tidak menjadi kendala bagi seseorang untuk terjun ke dunia politik. Jialyka mencontohkan Presiden pertama RI Soekarno terjun ke dunia politik di saat usianya masih belasan tahun. 

"Saya harap melalui momen ini akan semakin banyak anak muda di Tanah Air yang tergerak hatinya untuk berkecimpung ke dunia politik serta berkolaborasi bersama untuk mewujudkan Indonesia maju," imbuh Jialyka Maharani.

Terlebih, pada 2030-2040, Indonesia akan mendapatkan bonus demografi. Pada masa itu, jumlah penduduk usia produktif akan lebih banyak dari jumlah penduduk usia nonproduktif. Ini berarti jumlah angkatan kerja akan melimpah ruah.

Untuk menghadapinya, diperlukan persiapan yang matang sejak sekarang. "Pada 20 tahun mendatang, Indonesia akan memperoleh bonus demografi. Pada masa tersebut, usia produktif sebesar 80% dan mendominasi. Kalau tidak ada representasi generasi muda tersebut di parlemen, kita akan kehilangan momen itu," kata Jialyka.

Baca juga: Jaksa Agung Kaji Opsi Hukuman Mati bagi Koruptor

Karena itu, ia juga mengajak lembaga DPD maupun MPR dan sejumlah mahasiswa yang hadir agar kita harus berkontribusi memberikan ruang-ruang untuk anak muda agar bisa terjun ke dunia politik. Harapan anggota Komite I DPD itu, anak muda Indonesia bisa menerapkan kolaborasi dalam membangun bangsa. Sekadar informasi, Senator Jialyka Maharani pernah meraih penghargaan dari Moeslim Choice Award dalam kategori democracy award atas prestasinya sebagai anggota DPD dan MPR termuda di Indonesia. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/Reno Esnir

KPK Soal Sidang Lili: Penegakan Etik Dewas Menguatkan Pemberantasan Korupsi

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 03 Juli 2022, 08:45 WIB
Lili diduga mendapatkan akomodasi hotel hingga tiket MotoGP dari salah satu perusahaan badan usaha milik negara...
dok pribadi

PBNU Peringatkan Komentar Picisan dalam Kasus Mardani H Maming

👤Henri Siagian 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:20 WIB
"Pengalihan izin usaha pertambangan (IUP) terjadi lebih dari 10 tahun lalu dan bahkan saat itu Ketum PBNU Gus Yahya belum mengenal...
Ist/BPN Provinsi Kaltim

Komitmen Kanwil BPN Provinsi Kaltim Dukung Pembangunan IKN Nusantara

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 02 Juli 2022, 23:08 WIB
Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Timur memiliki peran penting dalam proses pembangunan IKN...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya