Rabu 27 Oktober 2021, 09:34 WIB

Puan Minta Investigasi Kecelakaan LRT Jabodetabek dan Bus Transjakarta

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Puan Minta Investigasi Kecelakaan LRT Jabodetabek dan Bus Transjakarta

Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani

 

DUA insiden kecelakaan transportasi publik terjadi di Jakarta pada hari Senin (25/10/2021) kemarin.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPR RI Puan Maharani menyayangkan dan meminta agar investigasi menyeluruh dilakukan untuk mengetahui kecelakaan yang terjadi pada Lintas Rel Terpadu (LRT) Jabodetabek di ruas Cibubur-TMII, dan bus Transjakarta di Halte Cawang-Ciliwung, Jakarta Timur.

“Keamanan dan keselamatan bertransportasi publik adalah hak masyarakat. Oleh karenanya, masyarakat harus mengetahui penyebab kecelakaan, dan sebaliknya regulator maupun operator harus bisa memulihkan dan menjaga kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik,” kata Puan dalam keterangan pers, Selasa (26/10).

Anggota Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) DPR RI ini melanjutkan, menjaga kepercayaan publik ini penting dilakukan, khususnya kepada LRT Jabodetabek yang merupakan moda transportasi baru. Terlebih, pembangunan dan pengoperasian LRT Jabodetabek, yang mengalami kecelakaan saat uji coba.

“Salah satu fungsi BUMN adalah menyelenggarakan kemanfaatan umum. Karenannya, kemanfaatan LRT Jabodetabek ini harus bisa dirasakan masyarakat setelah kepercayaan masyarakat terhadap moda transportasi baru ini dipulihkan dan dijaga,” kata legislator dapil Jawa Tengah V tersebut.

Puan juga mengatakan, tidak ada cara lain untuk memulihkan kepercayaan masyarakat terhadap transportasi publik selain terus meningkatkan keselamatan dan keamanan warga negara sebagai pengguna.

“Targetnya harus zero accident. Apalagi LRT mempunyai jalur sendiri dan digembar-gemborkan menggunakan sistem dan teknologi canggih,” pesan mantan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) itu. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok PBNU

NU Gelar Konser Amal Koin Muktamar

👤Media Indonesia 🕔Selasa 30 November 2021, 21:50 WIB
MUKTAMAR Nahdlatul Ulama (NU) milik bersama segenap nahdliyin di berbagai pelosok negeri, bahkan...
ANTARA

Pemrosesan Sembilan Kasus HAM tidak Perlu Lewat DPR

👤Sri Utami 🕔Selasa 30 November 2021, 21:30 WIB
Pembentukan Pengadilan HAM ad hoc dilakukan setelah penyidikan oleh Kejagung untuk melengkapi hasil penyelidikan Komnas...
MI/PANCA SYURKANI

Survei: NasDem masuk tiga besar dengan elektabilitas 9,3%

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 30 November 2021, 20:39 WIB
Untuk posisi pertama dan kedua masih ditempati oleh PDIP dan Gerindra, ucap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya