Selasa 14 September 2021, 19:14 WIB

KPK Telusuri Pengaturan Kontraktor Proyek oleh Bupati Banjarnegara

Dhika Kusuma Winata | Politik dan Hukum
KPK Telusuri Pengaturan Kontraktor Proyek oleh Bupati Banjarnegara

Antara
Budhi Sarwono

 

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelisik pengaturan para kontraktor dalam proyek-proyek pekerjaan di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Hal itu didalami KPK saat memeriksa Direktur PT Anugrah Setya Buana Zaenal Arifin sebagai saksi dalam kasus Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.

"(Saksi) dikonfirmasi antara lain terkait dugaan adanya pengaturan bagi para kontraktor yang akan dimenangkan dalam lelang paket pekerjaan di Kabupaten Banjarnegara pada 2017 sampai 2018," kata Plt juru bicara KPK Ali Fikri, Selasa (14/9).

KPK juga memeriksa pengusaha lainnnya sebagai saksi yakni Komisaris Utama PT Hikmah Kurnia Aji Purnomo. Dia didalami mengenai pengaturan paket proyek di Banjarnegara yang diduga diperintahkan Budhi Sarwono mauoun orang kepercayaan Budhi, Kedy Affandi.

"(Saksi) dikonfirmasi antara lain terkait dengan dugaan adanya pengaturan beberapa paket proyek pekerjaan di Kabupaten Banjarnegara atas perintah tersangka BS (Budhi) secara langsung maupun melalui tersangka KA (Kedy)," kata Ali Fikri.

Dalam kasus itu, KPK menetapkan tersangka sekaligus menahan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dan orang kepercayaannya Kedy Afandi dalam kasus korupsi pengadaan barang dan jasa di Pemkab Banjarnegara 2017-2018.

KPK menduga Budhi berperan aktif dengan ikut langsung dalam pelaksanaan pelelangan pekerjaan infrastruktur. Budhi ditengarai membagi serta mengatur paket pekerjaan di Dinas PUPR Banjarnegara. Budhi juga diduga mengikutsertakan perusahaan milik keluarganya yakni grup perusahaan Bumi Rejo.

Dari dugaan kongkalikong itu, KPK menyebut Budhi menerima komitmen fee atas berbagai pekerjaan proyek infrastruktur di Kabupaten Banjarnegara sekitar Rp2,1 miliar. Penerimaan komitmen fee senilai 10% itu dilakukan secara langsung maupun melalui perantaraan Kedy. Budhi dan Kedy disangkakan melanggar Pasal 12 huruf (i), Pasal 12 huruf (e), dan Pasal 12B UU Tipikor juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP. (OL-8)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Polisi Periksa 11 orang Terkait Dugaan Perbudakan oleh Bupati Langkat

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 25 Januari 2022, 16:39 WIB
Pemeriksaan itu dalam rangka meminta keterangan sejumlah pihak yang ditemui di lokasi yang disebut sebagai tempat pembinaan...
FOTO/Dok.Golkar

Wakil Ketua DPD Golkar Jabar: Petinggi Partai Jangan 'Baper'  

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 16:32 WIB
Wakil Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat Ade Ruhandi atau Jaro Ade menilai konsolidasi partai Golkar kepada figur figur nasional...
Presidential Palace/Agus Suparto.

RI Akhirnya Kelola Navigasi Udara di Atas Wilayah Kepri dan Natuna

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 25 Januari 2022, 16:29 WIB
Kedua negara masih harus secara bersama menyampaikan kesepakatan batas FIR ini kepada Organisasi Penerbangan Sipil internasional/ICAO untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya