Jumat 27 Agustus 2021, 17:02 WIB

Aturan yang Dikeluarkan Menteri Harus Dapat Izin Presiden

Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum
Aturan yang Dikeluarkan Menteri Harus Dapat Izin Presiden

Dok. Setpres RI
Presiden Joko Widodo saat meresmikan enam ruas jalan tol dalam kota di wilayah Jakarta.

 

PEMERINTAH menerbitkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2021 tentang Pemberian Persetujuan Presiden Terhadap Rancangan Peraturan Menteri/Kepala Lembaga.

Beleid tersebut diterbitkan guna menyelaraskan roda pemerintahan dan menjaga arah kebijakan pembangunan nasional. Presiden sebagai pemegang kekuasaan tertinggi, harus mengetahui setiap kebijakan yang akan ditetapkan menteri/kepala lembaga.

Baca juga: Presiden Targetkan 100 Juta Vaksinasi hingga Akhir Agustus

“Untuk menghasilkan peraturan menteri/kepala lembaga yang berkualitas, harmonis, tidak sektoral dan tidak menghambat kegiatan masyarakat dan dunia usaha, diperlukan mekanisme pemberian Persetujuan Presiden terhadap kebijakan yang akan ditetapkan menteri/kepala lembaga,” bunyi perpres tersebut.

Selain itu, peraturan yang ditandatangani Kepala Negara pada 2 Agustus, juga bertujuan meminimalkan permasalahan dalam pelaksanaan kebijakan. Mengacu ketentuan Pasal 2, menteri/kepala lembaga harus menyusun rancangan peraturan sesuai dengan lingkup tugas kewenangan masing-masing. 

Draf regulasi tersebut disusun berdasarkan perintah peraturan perundang-undangan, arahan presiden, atau pelaksanaan penyelenggaraan urusan tertentu dalam pemerintahan. Kriteria rancangan yang wajib mendapatkan persetujuan presiden, yakni berdampak luas bagi kehidupan masyarakat, bersifat strategis dan lintas sektor atau lintas kementerian/lembaga.

Baca juga: KPK Eksekusi Pasutri Ismunandar-Encek ke Lapas Tangerang

Setelah meneken perpres tersebut, Presiden juga mengemukakan secara langsung arahan kepada para pembantunya. Dalam hal ini, untuk berhati-hati dalam melahirkan kebijakan, terutama di masa pandemi covid-19.

“Kita harus terus waspada dan penuh kehati-hatian dalam memutuskan setiap kebijakan yang ada,” ujar Jokowi, sapaan akrabnya, dalam Sarasehan 100 Ekonom Indonesia, Kamis (26/8) kemarin.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok MI

Waspadai Jaringan Terorisme, Masyarakat Diminta Bijak Salurkan Sumbangan

👤Siti Yona Hukmana 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:40 WIB
Pasalnya, sumbangan untuk organisasi tak dikenal kerap disalahgunakan untuk jaringan...
ANTARA

Pemilu 2024, KPU Sebut Jumlah Pemilih Mencapai 190 Juta Jiwa

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 26 Mei 2022, 15:31 WIB
Ketua KPU RI Hasyim Asyari mengemuakan pihaknya telah melaksanakan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) di 34...
MI/ HO

Realisasi Jaring Pengaman Sosial Jokowi Dinilai Bantu Tekan Kemiskinan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 14:15 WIB
Penyaluran JPS yang tepat sasaran menjadikan program tersebut berjalan dengan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya