Kamis 26 Agustus 2021, 11:24 WIB

Jadi Tersangka, Muhammad Kece Resmi ditahan Hingga 13 September

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Jadi Tersangka, Muhammad Kece Resmi ditahan Hingga 13 September

ANTARA/Laily Rahmawaty
YouTuber Muhammad Kece, tersangka dugaan penistaan agama tiba di Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (25/8).

 

BADAN Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri resmi menahan YouTuber Muhammad Kace alias Muhammad Kece untuk 20 hari pertama sebagai tersangka. 

Penetapan status tersangka tersebut dalam kasus dugaan ujaran kebencian dan penistaan agama lewat konten yang diunggahnya melalui Youtube miliknya.

"Benar, 20 hari penahanannya," kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat dikonfimasi, Kamis (26/8).

Baca juga: Muhammad Kece Ditahan di Rutan Bareskrim Polri

Lebih lanjut dijelaskan, penahanan tersebut berdasarkan pada ketentuan dalam Kitab Undang-undang Hukum Acara Pidana (KUHAP) yang memungkinkan penyidik untuk menahan tersangka berdasarkan sejumlah pertimbangan dalam batas waktu tertentu.

Adapun Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri Kombes Ahmad Ramadhan mrmaparkan penahanan terhadap tersangka resmi dilakukan sejak Rabu (25/8) malam.

Menurutnya, Kace telah tiba di gedung Bareskrim Polri sekitar pukul 17.20 WIB usai ditangkap oleh polisi di wilayah Bali sehari sebelumnya.

"Muhammad Kece sudah ditahan, tadi malam masuk tahanan pukul 21.50 WIB," jelasnya.

Dalam perkara ini, Kace dijerat pasal berlapis dengan ancaman penjara hingga enam tahun. Ia dipersangkakan penyidik melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45a ayat (2) UU ITE atau Pasal 156a KUHP.

Dia berperkara karena video ceramah yang diunggahnya berpolemik dan menuai kontroversi. Salah satu yang mencuat ialah terkait kitab kuning dan Nabi Muhammad SAW yang diunggah dengan judul 'Kitab Kuning Membingungkan'.

"Kitab kuning ini hanya usaha manusia, ya barangkali benar, tapi apakah menyimpang dari Quran, ya. Kenapa? Karena Quran tidak memerintahkan harus membaca hadis dan fiqih. Alquran lebih memberikan isyarat orang harus membaca Taurat dan Injil," kata Muhammad Kace dalam video tersebut.

Namum, polisi masih mendalami motif Kace membuat video tersebut. Karena telah menimbulkan polemik di tengah masyarakat tersebut. (OL-1)

Baca Juga

Antara

Di Balik Terbit Rencana Tersimpan Bencana

👤Muklis Effendi (Story Builder) 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:53 WIB
Publik baru terperangah kemudian marah ketika LSM Migrant Care menyebut bangunan itu sebagai kerangkeng manusia, tempat bagi perbudakan...
Antara

Buronan Pidsus Kejagung Berjumlah 247 Orang

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:03 WIB
Namun, Febrie tidak bisa memastikan berapa banyak jumlah buronan yang bersembunyi di...
ANTARA FOTO/Reno Esnir

PDIP: Arteria Dahlan Dahlan Sudah Diberi Sanksi Peringatan

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 20:29 WIB
Menurut Hasto, hal ini menjadi pelajaran bagi Arteria dan seluruh kader meskipun apa yang disampaikan Arteria dalam kapasitas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya