Senin 23 Agustus 2021, 14:03 WIB

Surya Paloh: Parpol harus Kedepankan Nilai Moral

Sri Utami | Politik dan Hukum
Surya Paloh: Parpol harus Kedepankan Nilai Moral

Dok.MI
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh tampak di layar besar.

 

PARTAI politik harus mengedepankan nilai-nilai moral termasuk menjaga kewibawaan institusi lembaga negara dan partai. Institusi partai politik mendapatkan hak konstitusional yang luar biasa di antaranya dapat membuat UU sekaligus mengubahnya, UU memilih presiden, Wapres, Gubernur, Bupati, Wali Kota dan lain sebagainya.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dalam Dialog Kebangsaan Ketua Umum Partai Politik CSIS, Senin (23/8). Menurut Surya, politik harus dilandasi dengan semangat idealisme untuk menerapkan pemikiran yang berkelanjutan.

"Tapi ketika di sana semangat idealisme untuk menerapkan pemikiran-pemikiran yang berkelanjutan dengan sarat nilai-nilai edukasi kepada masyarakat, tidak dijalankan sebagai mestinya. Di sinilah awal malapetaka, karena Lembaga resmi harus berwibawa. Ketika kewibawaan institusi lembaga resmi ini hilang maka masyarakat kita tidak memiliki panutan lain," cetusnya.

Saat publik kehilangan kepercayaan dan lebih mengedepankan pragmatisme maka partai politik memiliki tanggung jawab memberikan edukasi politik kepada masyarakat.

Baca juga: Surya Paloh Sebut Parpol Bertanggung Jawab Didik Masyarakat

"Ketika mereka kehilangan kepercayaan, mereka semakin lebih mengental semangat pragmatismenya maka kita ajarkan untuk mengajak sebuah sistem value berpikir, untuk satu kepentingan jangka panjang, strategi jangka panjang yang bukan hanya hidup untuk hidup bangsa ini tapi bagaimana memikirkan kehidupan generasi berikutnya ke depan," ungkapnya

Dia menekankan otoritas yang dimiliki partai politik tidak akan berguna jika tidak ada semangat kebangsaan yang menyertainya. Selain itu keteladanaan dan attitude partai politik menjadi modal utama yang harus dikedepankan.

"Tidak ada gunanya seluruh otoritas yang dimiliki ketika di sana tidak ada semangat kebangsaan yang menyertai. Attitude yang ada dari karakter institusi parpol dan modal utama yang dimiliki parpol adalah keteladanan yang harus dikedepankan yang dikedepankan oleh pemimpin parpol itu sendiri," tegasnya. (OL-4)

Baca Juga

Ist

Tangani Pembalakan Liar di Kalteng, Kombes Pol Kurniadi Raih Presisi Award

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 18:45 WIB
Kombes Pol Kurniadi dan timnya mendapatkan penghargaan tersebut karena berhasil menangani perkara pembalakan liar atau illegal logging di...
MI/Seno

TNI/Polri Aktif duduki Jabatan Sipil Jadi Ancaman Bagi Demokrasi

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:52 WIB
Lucius mengungkapkan penunjukan itu tidak sesuai dengan semangat dan amanat reformasi. Selain itu, juga melanggar...
MI/Susanto

KPU Sarankan Parpol Lakukan Pendaftaran Lebih Awal

👤Putra Ananda 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 16:06 WIB
Proses tahapan pendaftaran parpol peserta Pemilu 2024 direncanakan akan berlansung mulai 1 hingga 7 Agustus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya