Rabu 04 Agustus 2021, 19:59 WIB

Polri Periksa Kapolda Sumsel Soal Dana Hibah Bodong Rp2 T

Hilda Julaika | Politik dan Hukum
Polri Periksa Kapolda Sumsel Soal Dana Hibah Bodong Rp2 T

Dok. Polda Sumsel
Kapolda Sumsel Irjen Eko Indra Heri saat menerima hibah Rp2 Triliun dari keluarag Akidi Tio

 

MABES Polri menurunkan tim internal untuk memeriksa Kapolda Sumatra Selatan Irjen Eko Indra Heri terkait dana hibah bodong Rp2 triliun. 

Pasalnya bantuan dari Almarhum Akidi Tio tersebut disalurkan melalui pihaknya untuk penanganan covid-19. Namun, hingga kini uang dari keluarga Akidi Tio belum terdeteksi keberadaannya. Sehingga Mabes Polri ingin mengetahui lebih lanjut terkait dana sumbangan tersebut. 

"Berkaitan dengan Kapolda Sumsel, ini dari Mabes Polri sudah menurunkan tim internal, yaitu dari Itwasum Mabes Polri dan dari Paminal Div Propam Polri," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam konferensi secara virtual, Rabu (4/8).

Argo menjelaskan Mabes Polri ingin mengetahui peristiwa itu secara jelas lewat mengklarifikasi Irjen Eko. Adapun pemeriksaan akan dilakukan secara internal.

"Ya tentunya kami ingin melihat kejelasannya seperti apa, kasusnya bagaimana dan itu ranah daripada klarifikasi internal," ucapnya.

Baca juga : PPATK Segera Serahkan Analisis Dana Hibah Bodong Rp2 Triliun ke Polisi

"Kita tunggu saja hasil daripada kegiatan penyelidikan dan pemeriksaan internal dari Mabes Polri. Itu perkembangan peristiwa di Palembang," sambung Argo.

Sebelumnya, tim penyidik dari Polda Sumatra Selatan (Sumsel) sudah memeriksa 5 orang saksi terkait dana hibah Rp2 triliun dari pengusaha Akidi Tio. 

Kelimanya terdiri dari Heriyanty Tio anak dari Akidi Tio, Hardi Darmawan yang merupakan dokter pribadi keluarga, dan sisanya adalah sodara dari Heriyanty Tio yang lainnya. 

"Penyidik sedang bekerja, sudah meminta keterangan kepada 5 orang sementara ini. Yaitu kepada yang bersangkutan Bu Heriyanty, lalu Pak Darmawan itu, mungkin dengan teman-teman sodaranga yang lain yang mengetahui. Dan nanti ada juga ahli kami mintak keterangan di sana untuk prosesnya oleh penyidik," rincinya. (OL-7)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

Pembentukan Coast Guard Gantikan Bakamla Penting untuk Penegakan Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Jumat 17 September 2021, 15:03 WIB
Soleman menegaskan penangkapan kapal oleh Bakamla hanya akan membuat masalah baru, seperti yang terjadi ketika Bakamla menangkap kapal Iran...
MI/Try Subarkah

Ini Tangapan Kejagung Soal Raden Priyono dalam Kasus Alex Noerdin

👤Tri Subarkah 🕔Jumat 17 September 2021, 14:23 WIB
Leonard menjelaskan pada 2010 Kepala BP Migas atas permintaan Alex menunjuk PDPDE Sumsel sebagai pembeli gas bumi bagian negara sebesar 15...
ANTARA/HO-Kedubes Inggris

Prabowo Teken Kerjasama Pembuatan Kapal Perang dengan Inggris

👤Mediaindonesia 🕔Jumat 17 September 2021, 14:16 WIB
Penandatanganan perjanjian itu disaksikan oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dan Menteri Pertahanan Inggris Ben...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Siap Bawa Pulang Piala Sudirman

 Terdapat empat pemain muda yang diharapkan mampu membuat kejutan di Finlandia.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya