Senin 21 Juni 2021, 22:34 WIB

Kemendagri Apresiasi Tertib Penggunaan Banpol Oleh Parpol

Ghani Nurcahyadi | Politik dan Hukum
Kemendagri Apresiasi Tertib Penggunaan Banpol Oleh Parpol

Dok. Kemendagri
Dirjen Pol dan PUM kemendagri Bahtiar menerima BAP Banpol untuk Partai Demokrat

 

DIREKTUR Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri Bahtiar menilai Partai Demokrat sebagai partai politik yang sangat baik administrasinya. Hal ini diungkapkan saat menghadiri Silaturahmi dan Penandatanganan Berita Acara Serah Terima Banpol dengan Partai Demokrat di Kantor DPP Demokrat, Jakarta (21/6). 

“Selama 15 tahun terakhir, tidak ada masalah dengan penyalurannya. Tata kelola untuk administrasi SPJ DPP Partai Demokrat adalah salah satu contoh yang bagus administrasinya,” ujar Bahtiar. 

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, bersama para pengurus partai turut hadir dalam acara tersebut. Pada 2021 pemerintah menyalurkan bantuan keuangan kepada Partai Demokrat berjumlah Rp10,876 miliar. Bantuan keuangan partai politik ini diprioritaskan untuk melaksanakan pendidikan politik baik bagi anggota maupun masyarakat. 

“Penggunaan bantuan keuangan parpol ini, sekarang kami perluas boleh juga untuk penanganan Covid-19. Kami berharap Partai Demokrat juga aktif mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan kepada masyarakat untuk membantu memutus rantai penyebaran virus ini,” lanjut Bahtiar. 

Baca juga : Legislator PDIP Disebut Atur Bansos

Bahtiar juga mengungkapkan bahwa Kemendagri menyadari akses ekonomi masing-masing partai politik berbeda-beda. Ditambah, mulai tahun depan partai politik harus mempersiapkan diri untuk Pemilu Serentak di tahun 2024. Karena itu, Ia mengungkapkan, saat ini pemerintah sedang mengupayakan kenaikan bantuan keuangan partai politik. 

“Saat ini kami sudah mengajukan kenaikan untuk tahun 2022. Saya juga mendorong setiap daerah agar meningkatkan alokasi bantuan keuangan parpol dalam APBD-nya,” ujar Bahtiar. 

Menurut Bahtiar, reformasi sistem kepartaian di Indonesia harus linier dengan kebijakan negara. 

“Negara harus konsisten dalam mereformasi sistem kepartaian yang ada, karena itu negara harus memberikan proteksi terhadap keberlangsungan partai”, tambahnya. (RO/OL-7)

Baca Juga

MI/Susanto

KPK Harap Hakim Tolak Praperadilan Angin Prayitno  

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 27 Juli 2021, 22:13 WIB
KPK menyatakan proses hukum terhadap mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak sesuai ketentuan hukum dan berharap hakim...
MI/ Susanto

KPK Perpanjang Penahanan Sri Wahyumi Manalip

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:13 WIB
Sri Wahyumi sebelumnya menjalani hukuman penjara dua tahun terkait kasus suap proyek revitalisasi pasar Kabupaten...
Antara

Relawan Jokowi Kritik Fasilitas Isoman Mewah DPR: Nirempati

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 Juli 2021, 20:20 WIB
Bukannya ada di lini depan. Malah jadi penikmat bantuan. Entah anggotanya yang meminta atau Sekjen DPR yang punya ide pemborosan,"...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Saling Jaga dari Serangan Virus

PANDEMI covid-19 telah berdampak besar bagi warga, terutama bagi mereka yang memiliki penghasilan harian, seperti ojek daring, buruh harian, dan pekerja lepas.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya