Jumat 11 Juni 2021, 08:30 WIB

Firli: KPK Berkomitmen Menyita Harta Koruptor untuk Negara

Muhamad Fauzi | Politik dan Hukum
Firli: KPK Berkomitmen Menyita Harta Koruptor untuk Negara

Antara
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri

 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan pihaknya melaksanakan komitmen mengembalikan kerugian negara dengan cara menyita seluruh harta milik para  koruptor.

"Tujuan penegakan hukum bukan hanya menghukum pelaku korupsi dengan pemidanaan badan, melainkan juva pengembalian aset atau asset recovery sebanyak-banyaknya," kata Firli dalam keterangannya, Jumat (11/6).

Firli mengatakan itu untuk menegaskan penyitaan aset mantan Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara oleh KPK. KPK menyita harta Agung berupa tanah dan bangunan total sekuas 16.095 meter persegi.

Agung terbukti menerima suap Rp1,3 miliar sebagai imbalan  pemberian beberapa paket pekerjaan konsultan perencanaan dan pengawasan pada Dinas PUPR Lampung Utara tahun anggaran 2017 ke Candra Safari. Juga pemberian paket pekerjaan pembangunan Pasar Tata Karya Kecamatan Abung Surakarta dan pembangunan Pasar Tradisional Comok Sinar pada Dinas Perdagangan Lampung Utara Tahun 2019 ke Hendra Wijaya Saleh alias Eeng. Agung juga menerima gratifikasi yang berhubungan dengan jabatannya dan bertentangan dengan tugas dan kewajibannya senilai Rp 100 miliar. Gratifikasi itu diterima Agung dalam kurun 2015-2019.

Firli menambahkan penyitaan aset koruptor merupakan bagian straregi pemberantasan korupsi yang diterapkan KPK saat ini. Strategi itu  meliputi  pendidikan dan peningkatan peran masyarakat supaya org tidak mau melakukan korupsi (budaya anti korupsi), strategi pencegahan dengan perbaikan sistem sehingga tidak ada peluang dan ksempatan utk melakukan korupsi (sistem baik, tidak bisa korupsi), dan strategi penegakan hukum untuk pemidanaan badan dan pengembalian kerugian negara supaya orang takut melakukan korupsi. (RO/OL-13)

Baca Juga: Haris Azhar: Inkonsistensi Penegakan Hukum bikin Investor Hengkang

Baca Juga

Antara/Akbar Nugroho Gumay.

Dalami Ongkos Ekspor Benur, Hakim Tegur Inkonsistensi Terdakwa

👤Tri Subarkah 🕔Rabu 16 Juni 2021, 20:33 WIB
Albertus mulanya menyoalkan pembagian PLI dan ACK terkait ongkos pengangkutan udara sebesar...
DOK MI.

Berkas Pembunuhan Laskar FPI Segera Dilimpahkan, Tersangka masih Bebas

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Rabu 16 Juni 2021, 20:25 WIB
Ada tiga anggota Polri yang ditetapkan menjadi tersangka dalam kasus ini yaitu EPZ, FR, dan...
Antara

Ini Alasan Presiden belum Kirim Surpres RUU IKN

👤Andhika Prasetyo 🕔Rabu 16 Juni 2021, 19:03 WIB
Kepala Negara masih membutuhkan beragam informasi aktual dari lapangan, sebelum menyerahkan surpres terkait RUU IKN ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Orang Rimba masih Berjuang untuk Diakui

MATA Mariau tampak berkaca-kaca kala menceritakan perihnya derita kehidupan anggota kelompoknya yang biasa disebut orang rimba.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya