Minggu 09 Mei 2021, 08:41 WIB

Cegah Covid-19, DPR Minta Perketat Keluar Masuk Indonesia

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Cegah Covid-19, DPR Minta Perketat Keluar Masuk Indonesia

Ist/DPR
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie saat mengunjungi Bandara Soekarno Hatta Banten, Jumat (7/5).

 

KOMISI V DPR RI meminta pemerintah menjaga kepercayaan masyarakat dalam penanganan Covid-19. Salah satunya memperketat akses keluar masuk ke Indonesia di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Mengingat, beberapa waktu lalu kedapatan warga negara asing yang masuk ke Indonesia.

“Kita tadi dapat penjelasan bahwa untuk warga negara asing seperti inda itu kita kembalikan ke negara asalnya, sedangkan untuk warga negara Indonesia dilakukan karantina terlebih dahulu,” ungkap Wakil Ketua Komisi V DPR RI Syarief Abdullah Alkadrie saat mengunjungi di Areal SCP Pemeriksaan Kelengkapan Dokumen Penerbangan di Bandara Soekarno Hatta Banten, Jumat (7/5/2021).

Syarief berharap pada tanggal 6-7 Mei 2021 saat pemberlakuan larangan mudik, akses transportasi benar-benar diperketat.

“Tadi kita dapat penjelasan dari Angkasa Pura, (pada 6 Mei 2021), hanya 1500 (dengan izin khusus) orang yang menggunakan moda transportasi udara. Dari sini negara rugi, namun demi kepentingan keselamatan rakyat, peraturan tersebut harus dilakukan demi kepentingan bersama yang lebih baik,” ujarnya.

Dari tinjauan ke Pelabuhan Merak dan Bandara Soekarno Hatta, Syarief menilai aturan pelarangan mudik sudah berjalan efektif. Hal ini dikarenakan masyarakat sudah menyadari karena pemerintah tidak menginginkan adanya penumpukan masyarakat di daerah.

“Di Bandara Soetta, kegiatan bandara sangat kosong dan hanya yang di pengecualian salah satunya pesawat yang beroperasi hanya membawa kargo,” ungkapnya.

Politikus Partai NasDem ini menjelaskan, pemerintah telah berupaya suasana lebaran ini tidak membawa duka. Masyarakat bisa bersilaturahmi jarak jauh untuk menghindari hal yang lebih fatal lagi.

“Ini adalah ikhtiar pemerintah untuk melindungi rakyatnya dengan cara melakukan pelarangan mudik ini sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” terangnya.

“Kita ketahui bahwa memang sekarang di mana-mana, di daerah-daerah juga terjadi peningkatan penularan Covid-19 dan di luar negeri yang saya baca Malaysia sudah melakukan lockdown lagi. Untuk itu kita harus mematuhi protokol kesehatan supaya terhindar dari wabah virus ini,” pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Aditya Pradana Putra

Novel Duga Istilah Polisi India di KPK Bukan Cuma Sebutan

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 21 Juni 2021, 08:27 WIB
Polisi India merupakan sebutan untuk beberapa penyidik asal KPK yang integritas pemberantasan korupsinya dipertanyakan. Penyidik itu...
MI/SUMARYANTO

Novel Tuding Firli Gemar Bocorkan Proses Penindakan KPK

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Senin 21 Juni 2021, 07:39 WIB
Hal itu dilakukan Firli kala masih menjabat sebagai deputi penindakan...
MI/ Seno

Mayoritas Publik Anggap Pancasila dan UUD 1945, Pantang Diubah

👤Ant 🕔Minggu 20 Juni 2021, 22:30 WIB
"Mayoritas rakyat menganggap rumusan Pancasila dan UUD 1945 saat ini sudah yang terbaik,"...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Jangan Gagap Lindungi Nasabah di Era Digital

ERA pandemi covid-19 berdampak pada berpindahnya aktivitas masyarakat di area digital.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya