Selasa 30 Maret 2021, 13:25 WIB

Pekan Depan, DPR Panggil Pertamina Soal Kebakaran Kilang Balongan

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
Pekan Depan, DPR Panggil Pertamina Soal Kebakaran Kilang Balongan

Ist/DPR
WakilKetua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno.

 

WAKIL Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno menuturkan, pihaknya akan memanggil direksi PT Pertamina dalam rangka penjelasan kebakaran Kilang Balongan di Indramayu, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (29/3) dini hari.

"Pertemuan dengan Pertamina direncanakan pada Senin, 5 April," kata Eddy saat dikonfirmasi Media Indonesia, Selasa (30/3).

Dalam rapat kerja pada minggu, Komisi VII DPR meminta pihak Pertamina untuk menerangkan secara detail insiden yang membakar tangki T-310 G di Kilang minyak Pertamina RU (Refinery Unit) VI Balongan dan menyebabkan puluhan warga menjadi korban.

Eddy menuturkan, saat ini perusahaan pelat merah itu didorong untuk menghimpun fakta-fakta kejadian tersebut agar diketahui publik nantinya.

"Sekarang kami minta Pertamina untuk mengumpulkan data dan fakta di lapangan terkait penyebab kejadian dan melakukan penanganan yang serius terhadap warga yang terluka akibat ledakan tersebut," jelas Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Eddy menuturkan, insiden kebakaran itu harus menjadi pelajaran berharga Pertamina dalam rangka pemeliharaan atau perawatan dan pengamanan yang ketat terhadap kilang minyak, yang dianggap sebagai obyek vital negara.

"Harus dilakukan evaluasi atas protokol tersebut dan jika dianggap belum memadai, segera (Pertamina) meningkatkan pengawasan dan pemeliharaan," pungkasnya.

Sebelumnya, PT Pertamina (Persero) menyatakan potensi kehilangan produksi bahan bakar minyak (BBM) akibat kebakaran tangki di Kilang Balongan ialah 400 ribu barel.

Perusahaan pelat merah itu mematikan (shutdown) operasional kilang tersebut yang saat ini memproduksi BBM. Diperkirakan, upaya pe

"Kira-kira kehilangan produksi yang enggak bisa disuplai dari kilang (Balongan) 400 ribu barel," kata Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono dalam konferensi pers, kemarin. (Ins/OL-09)

Baca Juga

Antara

Megawati Instruksikan Kader Perbanyak Dapur Umum

👤Cahya Mulyana 🕔Selasa 27 Juli 2021, 23:54 WIB
Dia juga menyampaikan bahwa Megawati menyusun secara detail terkait pelaksanaan dapur umum dan...
MI/Susanto

KPK Harap Hakim Tolak Praperadilan Angin Prayitno  

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 27 Juli 2021, 22:13 WIB
KPK menyatakan proses hukum terhadap mantan Direktur Pemeriksaan dan Penagihan Ditjen Pajak sesuai ketentuan hukum dan berharap hakim...
MI/ Susanto

KPK Perpanjang Penahanan Sri Wahyumi Manalip

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 27 Juli 2021, 21:13 WIB
Sri Wahyumi sebelumnya menjalani hukuman penjara dua tahun terkait kasus suap proyek revitalisasi pasar Kabupaten...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Membangun Konektivitas Segitiga Emas Jawa Bagian Tengah

 Untuk membangkitkan pertumbuhan perekonomian di Jawa bagian tengah, Tol Joglosemar menjadi salah satu solusi

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya