Jumat 19 Februari 2021, 20:18 WIB

Marak Mafia, BPN: Jangan Mudah Serahkan Sertifikat Tanah

Rahmatul Fajri | Politik dan Hukum
Marak Mafia, BPN: Jangan Mudah Serahkan Sertifikat Tanah

Antara
Ilustrasi

 

DIRJEN Penanganan Masalah Agraria, Pemanfaatan Ruang, dan Tanah Kementerian ATR/BPN, Agus Wijayanto meminta masyarakat jangan mudah menyerahkan sertifikat tanah dan bangunan kepada calon pembeli. Ia mengatakan masyarakat harus jeli melihat calon pembeli dan notaris yang mengurus jual beli tanah.

"Jangan mudah untuk menyerahkan sertifikat, baik itu calon pembeli atau pun notaris. Pilihlah notaris yg dikenal demikian juga pembeli," kata Agus, di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Jumat (19/2).

Agus mengatakan hal tersebut untuk mencegah maraknya mafia tanah yang melakukan perpindahan tangan sertifikat tanpa sepengetahuan pemilik.

"Salah satu dari modus mafia tanah bagaimana suatu kelompok berusaha untuk mengaburkan suatu keadaan atau status sehingga hak atas tanah bisa beralih dengan menggunakan figur atau orang lain yang identitasnya dipalsukan," kata Agus.

 

Lebih lanjut, Agus mengatakan sertifikat tanah tidak bisa dipalsukan. Ia mengatakan sertifikat yang palsu bisa diidentifikasi jika dibawa ke BPN.

Maka dari itu, ia mengimbau masyarakat jangan mudah memberikan sertifikat asli yang akan digunakan mafia tanah memindahtangankan sertifikat tersebut di BPN.

 

"Kalau sertifikat palsu itu dibawa ke BPN pasti ketahuan bahwa itu bukan produk BPN. Namun, yang dibawa ke BPN adalah sertifikat yang asli dan yang palsu diserahkan kepada pemilik sehingga pemilik gak tahu klo sudah dipalsukan," pungkasnya. (OL-8)

 

Baca Juga

MI/PIUS ERLANGGA

Abraham Samad Kenang Sosok Artidjo Alkostar

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 28 Februari 2021, 16:29 WIB
Abraham Samad menyebut mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar sebagai tokoh penegak hukum Indonesia yang selalu menjaga...
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Artijdo Alkostar Meninggal Dunia, KPK Berduka

👤 Dhika Kusuma Winata 🕔Minggu 28 Februari 2021, 16:23 WIB
KPK menyampaikan duka mendalam atas meninggalnya anggota Dewan Pengawas KPK Artidjo Alkostar. Mantan Hakim Agung itu diketahui...
MI/Pius Erlangga

Artidjo Alkostar Meninggal Dunia

👤Tri Subarkah 🕔Minggu 28 Februari 2021, 16:11 WIB
Kabar duka berpulangnya sang algojo koruptor itu disampaikan Menko Polhukam Mahfud MD melalui akun Twitternya. Dia menilai sosok Artidjo...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya