Selasa 16 Februari 2021, 10:47 WIB

Komisi V DPR Dukung Peningkatan Produksi Air PDAM Tirta Musi

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Komisi V DPR Dukung Peningkatan Produksi Air PDAM Tirta Musi

Ist/DPR
Wakil Ketua Komisi V Syarief Abdullah Alkadrie.

 

PERUSAHAAN Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Musi Palembang, Sumatera Selatan, tengah berupaya meningkatkan kapasitas produksi air dengan membangun sejumlah infrastruktur baru.

Saat ini, kapasitas produksi air bersih mencapai 4.000 liter per detik dan masih terdapat kekurangan kapasitas sebanyak 300 liter per detik untuk mengaliri air ke seluruh pelanggan di Palembang.

Saat memimpin pertemuan tim kunjungan kerja Komisi V DPR RI dengan jajaran direksi PDAM Tirta Musi di Palembang, Sumsel, Senin (15/2), Wakil Ketua Komisi V Syarief Abdullah Alkadrie mengatakan untuk mempercepat jangkauan layanan air bersih ke wilayah-wilayah baru, PDAM Tirta Musi memerlukan bantuan pendanaan dari pemerintah pusat.

“Secara umum kondisi keuangan PDAM Tirta Musi saat ini memang dalam kondisi sehat meski masih terdapat kekurangan untuk percepatan. Tinggal diberi dukungan dari pemerintah pusat saja supaya ada percepatan jangkauan air bersih, kami akan perjuangkan itu," tegasnya.

Politikus Partai NasDem ini menilai capaian kinerja PDAM Tirta Musi sudah optimal. Dimana, jangkauannya sudah mencapai 82 persen dengan 300.000 pelanggan yang mencakup 1,2 juta penduduk.

Dalam paparannya, Dirut PDAM Tirta Musi Andi Wijaya mengatakan pihaknya berupaya menjangkau 10.000 pelanggan baru dalam daftar tunggu yang mayoritas berada di Kota Palembang area timur, seperti kawasan Kalidoni, Sungai Lais, Merah Mata serta kawasan Seberang Ulu.

Pihaknya mendapat porsi anggaran Rp 50 miliar dari APBN tahun 2021 untuk pembangunan instalasi pengolahan air (IPA), booster, dan intake. Ia berharap dana tersebut segera terealisasi agar pengerjaan fisik dapat dipercepat, sehingga perluasan layanan baru tidak mengganggu pelanggan lama.

Saat ini distribusi air bersih PDAM Tirta Musi didukung kinerja empat intake, yakni Intake Ogan, Karang Anyar, 1 Ilir dan Borang.

"Kami mengejar target tahun 2023 pelayanan sudah mencakup 97% penduduk di Kota Palembang, maka intake harus ditambah," pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Ilustrasi

ICJR Minta Temuan Kerangkeng Manusia di Rumah Bupati Langkat Diusut

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:08 WIB
ICJR juga meminta kepada Presiden untuk memerintahkan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) untuk melakukan penyidikan...
MI/ADAM DWI

KPK: IPK 2021 jadi Gambaran Pemberantasan korupsi masih Butuh Perbaikan

👤Mediaindonesia 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:45 WIB
Khususnya pada dua sektor, yakni korupsi politik dan penegakan hukum. Kedua aspek itu masih belum ada perbaikan yang...
 ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Diduga Lakukan Praktik Perbudakan, Bupati Langkat Mesti Dihukum Berat

👤Andhika prasetyo 🕔Selasa 25 Januari 2022, 20:21 WIB
Ia pun berharap aparat penegak hukum mendengar suara hati dan rasa keadilan masyarakat dan menghukum seberat-beratnya pelaku praktik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya