Rabu 10 Februari 2021, 13:45 WIB

Pulau Sumba Dijual Secara Daring, Polri: Hoaks

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Pulau Sumba Dijual Secara Daring, Polri: Hoaks

MI/Palce Amalo
Ilustrasi

 

PIHAK Polri menegaskan bahwa kabar mengenai penjualan sejumlah Pulau, termasuk Sumba, Nusa Tenggara Timur di situs Private Island Online adalah hoaks.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Brigadir Jenderal Rusdi Hartono menyebut pihaknya masih terus memantau informasi-informasi yang disebarkan dalam situs Private Island Online.

"Polres Sumba Timur telah melakukan penelusuran dan berkoordinasi dengan Pemda setempat dan disimpulkan bahwa berita dalam situs tersebut tidak benar atau hoax," ujar Rusdi, Rabu (10/2).

Rusdi mengemukakan bahwa hingga saat ini tidak ada penjualan pulau sebagaimana tertera dalam situs www.privateislandsonline.com.

Baca juga : Oknum Praktik Aborsi Cuma Modal Pengalaman di Klinik

Di dalam situs tersebut terdapat penawaran sejumlah pulau yang ada di Indonesia. Setidaknya ada 8 Pulau yang dijual, yaitu Pulau Gili Tangkong, Lombok Barat, NTB, dan Pulau Tojo Una Una, Sulawesi Tengah,

Lalu ada Pulau Panjang, Pulau Kembung dan Yudan Kepulauan Anambas Riau, Pulau Sumba, NTT, Pantai Selancar, Pulau Sumba, Pulau Ayam, Kepulauan Riau, dan Pulau A-Frames, Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

Sebanyak 694 pulau dijual di seluruh dunia dalam situs tersebut. Sementara ada 252 pulau yang disewakan untuk seluruh dunia.

Adapun Private Islands Inc. mengklaim dirinya sebagai pasar global terkemuka untuk penjualan dan persewaan pulau pribadi.

Tak hanya pulau mancanegara, pulau yang berada di Indonesia juga disewakan. Pulau-pulau tersebut, yakni , Pulau Joyo, Riau, Pulau Pangkil, 95 km dari Singapura dan Isle Des Indes, Kepulauan Seribu, dan Pulau Macan, Kepulauan Seribu.

"Berita dalam situs itu yang tidak benar, Polres Sumba Timur beserta Pemda terus memantau masalah ini," terang Rusdi. (OL-2)

 

Baca Juga

Dok MI

KPK Lantik 43 Pejabat Fungsional Baru

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:07 WIB
Pelantikan dipimpin Sekretaris Jenderal KPK Cahya H...
dok.humas

34 DPD Meminta Haris Pertama jadi Ketua Umum DPP KNPI Periode Kedua 2022-2025

👤Selamat Saragih 🕔Kamis 19 Mei 2022, 18:50 WIB
KONGRES Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) ke XVI di Kota Ternate, Maluku Utara, kini sudah memasuk hari...
Antara

Bawaslu Harus Transparan Soal Rekrutmen Anggota Tim Seleksi

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Kamis 19 Mei 2022, 18:44 WIB
Perlu adanya keterbukaan terkait pedoman rekrutmen Timsel Bawaslu. Dalam hal ini, alat ukur mikro dan makro terkait pengambilan keputusan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya