Senin 01 Februari 2021, 16:52 WIB

Sidang Kasus L/C Fiktif, Keberatan Maria Pauline Lumowa Ditolak

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
Sidang Kasus L/C Fiktif, Keberatan Maria Pauline Lumowa Ditolak

ANTARA FOTO/Reno Esnir/
Terdakwa kasus pembobolan kas Bank Negara Indonesia (BNI), lewat Letter of Credit (L/C) fiktif, Maria Pauline Lumowa.

 

KEBERATAN terdakwa dugaan korupsi pencairan  Letter of Credit (L/C) dengan memakai dokumen fiktif ke Bank BNI 46 Kebayoran Baru yang merugikan keuangan negara Rp1,2 triliun dan tindak pidana pencucian uang Pauline Lumowa ditolak.

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta berpandangan penolakan ini karena surat dakwaan penuntut umum telah memenuhi ketentuan.

"Menyatakan keberatan penasihat hukum terdakwa Maria Pauline Lumowa tidak dapat diterima," kata Ketua Majelis Hakim Saifuddin Zuhri saat membacakan putusan sela di pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (1/2).

Menurut Saifuddin, keberatan terdakwa atas dakwaan penuntut umum tidak dapat diterima. Pasalnya surat dakwaan penuntut umum telah memenuhi ketentuan pasal 143 ayat 2 huruf a dan b UU 8 tahun 1981 tentang KUHAP.

Ia pun memerintahkan pemeriksaan saksi dan lainnya dalam perkara tersebut dilanjutkan. Kemudian biaya perkara ditangguhkan sampai dengan putusan akhir dan sdang pun dilanjutkan pada Jumat, (5/1).

Maria Pauline didakwa melakukan korupsi lewat pengajuan pencairan beberapa letter of credit atau surat utang dengan melampirkan dokumen ekspor fiktif ke BNI 46 cabang Kebayoran Baru, Jakarta, yang merugikan keuangan negara sebesar Rp1.214.648.422.331,43 dan memperkaya diri sendiri, orang lain serta korporasi

Maria Pauline juga sempat menjadi buron sejak 2003 dan baru ditangkap oleh Kementerian Hukum dan HAM lewat jalur ekstradisi dari Serbia pada 9 Juli 2020. (Cah/OL-09)

Baca Juga

MI/Mohamad Irfan.

Lemkapi: Segera Tarik Pelat Nomor Polisi Milik Arteria Dahlan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 23 Januari 2022, 16:06 WIB
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo, Asisten Logistik (Aslog) Kapolri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono hingga Karopenmas Humas Polri...
DOK MI.

Akhiri Spekulasi, Raker DPR dan Pemerintah Bahas Jadwal Pemilu Besok

👤Indriyani Astuti 🕔Minggu 23 Januari 2022, 14:35 WIB
Komisi II DPR akan melakukan rapat kerja (raker) dengan KPU, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Bawaslu, dan DKPP untuk membahas jadwal...
dok.DPR-RI

Partai Golkar Solid Usung Airlangga Capres di 2024

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Minggu 23 Januari 2022, 12:20 WIB
KETUA DPP Partai Golkar, Lamhot Sinaga menegaskan, pengurus Golkar baik pusat dan daerah seluruh Indonesia solid mendukung Airlangga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya