Jumat 08 Januari 2021, 12:49 WIB

SBY Ungkap 3 Tantangan di 2021

Cahya Mulyana | Politik dan Hukum
SBY Ungkap 3 Tantangan di 2021

ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono

 

KETUA Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono menilai optimisme penting menjadi landasan untuk menjalani 2021. Modal itu cukup untuk menghadapi tiga tantangan bangsa yakni pandemi covid-19, krisis ekonomi dan penurunan kerukunan berbangsa.

"Peluang ke arah keberhasilan bisa kita kaitkan secara langsung dengan apa tantangan dan permasalahan yang kita hadapi. Mudahnya, jika permasalahan utama bangsa ini dapat kita atasi di tahun 2021 ini, peluang baik itu menjadi kenyataan," ujarnya dalam keterangan resmi kepada Media Indonesia, Jumat (8/1).

Untuk itu, kata dia, negara dan pemerintah mesti bisa mengidentifikasi permasalahan utama bangsa. Setelah itu, fokus dan mengerahkan segala sumber daya yang kita miliki untuk mengatasinya.

"Tentu saja kebijakan pemerintah yang tepat serta perencanaan dan pelaksanaan yang efektif sangat diperlukan. Demikian juga manajemen dan kepemimpinan di semua tingkatan, di seluruh Tanah Air, juga sangat menentukan suksesnya pekerjaan besar kita," paparnya.

Menurut pendapat presiden keenam ini, terdapat tiga tantangan dan permasalahan bangsa yang utama. Pertama, pandemi korona yang harus segera diatasi.

Baca juga: Dukungan Penuh SBY untuk No.1 pada Pilgub Sumbar 2020

Kedua, krisis ekonomi yang harus diakhiri dan kemudian ekonomi dipulihkan kembali. Ketiga, mungkin tak terkait langsung dengan dua permasalahan yang lain, yaitu melemahnya kerukunan masyarakat karena faktor identitas, politik dan ideologi yang tak boleh dibiarkan.

"Permasalahan yang ketiga ini justru lebih mendasar sifatnya dan jika kita abaikan dampaknya akan sangat buruk bagi kehidupan bangsa di masa depan. Kalau tidak kita atasi dan kelola dengan baik, disharmoni sosial ini akan membuat bangsa kita benar-benar terpecah dan terbelah (divided)," pungkasnya.(OL-5)

Baca Juga

Antara

Demokrat: Kepastian Jadwal Pemilu 2024 Bantu Parpol Fokus Konsolidasi

👤Ant 🕔Senin 24 Januari 2022, 23:58 WIB
Herzaky menyampaikan Demokrat sejak awal menyetujui usulan...
MI/M IRFAN

PKB Gembira Pemilu 2024 Berbarengan dengan Hari Kasih Sayang

👤Cahya Mulyana 🕔Senin 24 Januari 2022, 22:00 WIB
PKB mengusulkan agar pemungutan suara Pemilu 2024 dilaksanakan di antara bulan Januari sampai Maret...
Antara

PKS: KPU Harus Segera Siapkan Regulasi Pemilu 2024

👤Emir Chairullah 🕔Senin 24 Januari 2022, 21:45 WIB
Ditetapkannya 14 Februari 2024 sebagai hari penyelenggaraan pemilu menyebabkan waktu persiapan penyelenggara pemilu semakin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya