Rabu 02 Desember 2020, 18:48 WIB

Biaya Sewa Apartemen Pinangki US$4.000

Tri Subarkah | Politik dan Hukum
Biaya Sewa Apartemen Pinangki US$4.000

MI/Adam Dwi
.

 

IN-HOUSE Marketing Apartemen Essence Darmawangsa Shinta Kusriatin mengungkap biaya sewa apartemen terdakwa kasus dugaan suap terkait pengurusan fatwa Mahkamah Agung (MA) terpidana korupsi pengalihan hak tagih (cessie) Bank Bali Joko Tjandra, Pinangki Sirna Malasari. Dalam setahun, sewa apartemen yang Pinangki bayar mencapai US$4.000 atau sekitar Rp56,5 juta.

Hal itu diketahui saat Shinta menjadi saksi di ruang sidang Pengadilan Tipikor Jakarta. Kesaksian Shinta dilakukan untuk menggali dugaan tindak pidana pencucian uang yang diterima Pinangki dari Joko Tjandra.

Shinta menjelaskan Pinangki menyewa apartemen di sana sejak 2016. Selama dua tahun, Pinangki mendiami apartemen berukuran 185 meter persegi. Namun semenjak 2018 sampai sekarang, Pinangki memutuskan pindah ke unit yang lebih besar, berukuran 269 meter persegi.

"Yang pertama 185 meter (persegi), kedua 269 meter (persegi). Harganya juga beda, yang 185 sekitar US$3.500, yang 269 sekitar US$4.000-an," papar Shinta, Rabu (2/12).

Menurut Shinta, keputusan Pinangki untuk pindah ke unit yang lebih besar diambil seiring dengan tumbuh besarnya sang anak. "Pada 2018 sampai sekarang pindah karena anaknya sudah besar."

Selama menyewa unit di Essence Darmawangsa, Shinta mengatakan Pinangki selalu membayar secara tunai. Pembayarannya, lanjut Shinta, tidak melulu dilakukan oleh Pinangki langsung.

"Biasanya Ibu (Pinangki) menitipkan ke adiknya, Ibu Pungki. Pernah juga melalui asisten rumah tangganya, Ibu Ratih," jelas Shinta.

Selain itu, Shinta menyebut bahwa Pinangki pernah membayar sewa apartemen dengan menggunakan mata uang dollar Amerika Serikat. Saat itu, Pinangki menitipkan uang sewa apartemen kepada Ratih dengan mengonfirmasi terlebih dahulu ke Shinta melalui aplikasi pesan singkat WhatsApp.

"Kurun waktunya saya lupa, tapi pernah sekali pakai dollar (AS). Kalau enggak salah tahun lalu, 2019," tandas Shinta. (OL-14)

Baca Juga

ANTARA/OLHA MULALINDA

Respons Positif dari Mereka yang Divaksinasi

👤Antara 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:29 WIB
Vaksinasi menjadi cara cepat untuk bisa mengakhiri...
Antara

KPK Dalami Bagi-bagi Mobil dari Edhy Prabowo

👤Sri Yanti Nainggolan 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 22:25 WIB
Santer kabar mobil itu diberikan Edhy ke pemain bulu tangkis dan...
Komjen Listyo Sigit

Listyo harus Perkuat Komitmen Pemberantasan Korupsi

👤Ant 🕔Sabtu 16 Januari 2021, 20:57 WIB
“Ini harus jadi perhatian utama memberantas sifat koruptif di kepolisian yang cenderung menggunakan kewenangannya secara...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya