Minggu 29 November 2020, 14:05 WIB

PP Muhammadiyah: Teror di Sulteng Akibat Ketegangan Sosial

Emir Chairullah | Politik dan Hukum
PP Muhammadiyah: Teror di Sulteng Akibat Ketegangan Sosial

Ilustrasi
Teror

 

PP Muhammadiyah mendesak pemerintah melalui aparat keamanan segera bertindak dan menindak tegas pelaku teror di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tenggara sesuai hukum yang berlaku.

Menurut Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, pihaknya tidak ingin aksi kriminal yang diduga dilakukan kelompok teroris pimpinan Ali Kalora melebar menjadi konflik antarumat beragama. “Aksi teror dilakukan oleh kelompok yang tidak terorganisir dan sangat bertentangan dengan ajaran Islam,” katanya kepada Media Indonesia, Minggu.

Baca juga : PDIP Mengutuk Keras Pembunuhan di Sigi

Sebelumnya, polisi menyebutkan empat orang warga di Desa Lembontonga, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah menjadi korban pembunuhan dari kelompok pimpinan  Ali Kalora. Menurut keterangan kepolisian, tindakan tersebut dilakukan bertujuan untuk menyebarkan teror di masyarakat.

Lebih lanjut Mu’ti menjelaskan mengapa aksi yang dilakukan Ali Kalora itu bukan merupakan konflik antarumat beragama. Dirinya menyebutkan, aksi teror tersebut akibat munculnya ketegangan sosial yang terjadi di lingkungan masyarakat Sigi sejak lama. “Karena itu masyarakat hendaknya tetap tenang dan tidak terprovokasi oleh pemberitaan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan sumber dan kebenarannya. Masyarakat hendaknya mempercayakan penanganan masalah kepada pemerintah, khususnya aparatur keamanan dan penegak hukum,” harapnya.

Mu’ti menyebutkan, pihaknya meminta pemerintah dan pemerintah daerah perlu mengambil langkah cepat dengan memanggil para tokoh lokal, khususnya dari kalangan agamawan, untuk bermusyawarah mencari jalan keluar penyelesaian yang komprehensif. “Ini bukan masalah sederhana sehingga harus diselesaikan dengan seksama. Diperlukan kebersamaan menyelesaikan persoalan agar peristiwa serupa tidak terjadi di tempat yang sama atau tempat yang lainnya,” pungkasnya. (OL-2)

 

 

Baca Juga

MI/Susanto

KPK Dalami Arahan Juliari ke Ditjen Linjamsos

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 24 Januari 2021, 07:22 WIB
Pepen sudah tiga kali diperiksa KPK yakni pada 21 Desember 2020, 13 Januari 2021, dan 22 Januari 2021. Dia selalu hadir saat...
MI/M IRFAN

KPK Duga Penerima Suap Kasus Korupsi Bansos Masih Banyak

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 24 Januari 2021, 06:51 WIB
Lembaga Antikorupsi itu mendalami cara Harry mendapatkan proyek dalam kasus...
MI/ADAM DWI

Saksi Kasus Korupsi di Indramayu Diintimidasi

👤Candra Yuri Nuralam 🕔Minggu 24 Januari 2021, 06:29 WIB
Anggota DPRD Jawa Barat periode 2014-2019 dan 2019-2024 Abdul Rozaq Muslim ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya