Sabtu 28 November 2020, 21:22 WIB

Baleg Prioritaskan RUU yang Tertunda di 2020

Putra Ananda | Politik dan Hukum
Baleg Prioritaskan RUU yang Tertunda di 2020

MI/Susanto
Wakil Ketua Baleg DPR dari Fraksi PPP Achmad Baidowi

 

HINGGA kini Badan Legislasi (Baleg) DPR belum menentukan Rancangan Undang-Undang (RUU) mana saja yang akan masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2021. Wakil Ketua Baleg dari Fraksi PPP Achmad Baidowi menuturkan Baleg akan mengutamakan RUU Prolegnas Prioritas 2020 yang belum sempat terbahas di tahun sebelumnya.

"Kita utamakan RUU yang belum dibahas di 2020. Itu yang akan dimasukkan kembali ke Prolegnas 2021," tutur Baidowi di Jakarta, Sabtu (28/11).

Ia menjelaskan, beberapa fraksi juga sepakat untuk tidak meneruskan beberapa RUU yang sudah disepakati untuk dilanjutkan kembali pembahasannya seperti RUU BI dan juga RUU Ketahanan Keluarga. "Demikian juga RKUHP dan Pemasyarakatan meskipun itu carry over tidak akan kita bawa ke 2021," ungkapnya.

Sebelumnya Ketua Baleg DPR Supratman Andi Agtas mengatakan seluruh fraksi di DPR sepakat RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) akan dimasukkan dalam Prolegnas Prioritas 2021. Hal tersebut sudah disepakati seluruh fraksi yang ada di DPR. RUU PKS merupakan usuluan inisiatif dari Komisi VIII DPR.

"Insya Allah pada Prolegnas Prioritas 2021, seluruh fraksi sudah sepakat menyerahkan pembahasan RUU PKS ini ke Baleg," jelasnya.

Pemerintah, DPR, dan DPD sebelumnya telah mengusulkan sebanyak 38 rancangan RUU akan masuk dalam Prolegnas Prioritas 2021. Sebanyak 26 dari 38 RUU tersebut merupakan rancangan regulasi yang diusulkan oleh DPR. (R-1)

Baca Juga

MI./M.Irfan

Kejagung Periksa Saksi terkiat Kasus Korupsi Mantan Dirut BTN

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 00:45 WIB
MAA diperiksa untuk mengumpulkan bukti soal dugaan korupsi dalam pemberian fasilitas kredit kepada PT Titanium Property dari BTN Jakarta...
MI/M Irfan

Mendagri Klaim Sudah Ingatkan KPU dan Bawaslu

👤Antara 🕔Selasa 19 Januari 2021, 21:52 WIB
Mendagri menghimbau agar menyudahi mendiskualifikasi pasangan calon kepala daerah jika pemenang sudah hampir ditetapkan oleh...
MI/M IRFAN

Kejagung Periksa Enam Saksi Terkait Korupsi BPJS Ketenagakerjaan

👤Tri subarkah 🕔Selasa 19 Januari 2021, 20:32 WIB
Mereka diperiksa sebagai saksi dalam kasus dugaan korupsi pengelolaan keuangan dan dana investasi di PT Badan Pengelola Jaminan Sosial...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya