Jumat 11 September 2020, 19:05 WIB

Pengamat: Polri Gandeng Preman Tunjukkan Kemampuan Polri Minimalis

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum
Pengamat: Polri Gandeng Preman Tunjukkan Kemampuan Polri Minimalis

Istimewa
Sosialisasi penggunaan masker saat di luar rumah untuk mencegah penyebaran Covid-19.

 

BARESKRIM Polri menggandeng preman pasar untuk ikut mendisiplinkan penggunaan masker kepada warga.  Wakapolri Komjen Gatot Edy Pramono menyatakan pelibatan preman pasar ini tentunya dengan pengarahan dan pengawasan dari aparat penegak hukum. Preman diminta bersikap humanistis dalam mendisiplinkan warga.

Menanggapi hal itu Kriminolog Universitas Indonesia (UI), Arthur Josias Simon Runturambi, heran karena hal itu memperlihatkan kemampuan Polri yang minimalis. Mengapa ide melibatkan preman untuk mengawasi penggunaan masker itu justru datang dari penegak hukum.

"Biasanya sosialisasi preman untuk membantu itu datang dari masyarakat, kok sekarang bukan dari masyarakat. Menjadi pertanyaan, kemampuan Polri di mana?,” ungkap Josias kepada mediindonesia.com, Jumat (11/9).

Ia menilai, munculnya isu pelibatan preman dalam mengawasi penggunaan masker lebih baik dari inisiatif tokoh-tokoh masyarakat.  "Karena preman konotasinya bisa dua, preman bisa menjalankan tugasnya dengan baik atau sebaliknya, mereka dapat mengganggu masyarakat," ungkapnya.

Padahal, jelas dia, tugas memakai masker itu sosialisasinya sudah berulang kali. Jadi kalau tokoh masyarakat yang minta preman untuk bantu itu wajar.

Di sisi lain, Kabarhakam Polri Komjen Pol. Agus Andrianto, menegaskan bahwa pelibatan preman pasar dalam pengawasan merupakan kerja kemanusiaan. "Apa untungnya kalau harus bergesekan, ini kerja kemanusiaan," ujarnya kepada mediaindonesia.com

Agus menjamin jika preman yang diminta untuk mendisiplinkan warga menggunakan masker meresahkan masyarakat bakal dilakukan tindakan. "Kalau meresahkan pasti dilaporkan dan pasti kita ditindak," janjinya. (OL-13)

Baca Juga: PAN Sesalkan Kepala Daerah Bodetabek Tak Dukung PSBB Jakarta

Baca Juga

MI/BAYU ANGGORO

Golkar Jawa Barat Bebaskan Airlangga Pilih Pasangan dalam Pilpres 2024

👤Bayu Anggoro 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 22:40 WIB
Sejumlah pihak mengusulkan Airlangga berpasangan dengan Anies Baswedan atau Ridwan...
DOK MI.

Sopir dan Ajudan Istri Ferdy Sambo Ditangkap Timsus Polri

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 18:35 WIB
Tim khusus Polri menangkap sopir dan ajudan istri Irjen Ferdy Sambo, Putri Candrawathi, terkait dengan kasus tewasnya Brigadir...
MI/Adam Dwi.

Ferdy Sambo Ditempatkan di Mako Brimob selama 30 Hari

👤Rahmatul Fajri 🕔Minggu 07 Agustus 2022, 16:20 WIB
Irjen Ferdy Sambo ditempatkan di tempat khusus di Mako Brimob Polri, Depok, Jawa Barat, selama 30 hari ke...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya