Rabu 29 Januari 2020, 11:36 WIB

Puan: Panja Jiwasraya bukan Politisasi

Putri Rosmalia Octaviyani | Politik dan Hukum
Puan: Panja Jiwasraya bukan Politisasi

MI/Ardi Teristi Hardi
Ketua DPR RI Puan Maharani

 

KETUA DPR RI Puan Maharani mengatakan pembentukan panitia kerja (panja) Jiwasraya di tiga komisi DPR bukan upaya politisasi kasus. Pembentukan panja bertujuan mempercepat penyelesaian kasus Jiwasraya.

"Pembentukan panja justru untuk mengeliminasi upaya-upaya politisasi terhadap kasus Jiwasraya," ujar Puan dalam keterangannya, Rabu (29/1).

Dijelaskan Puan, pembentukan panja bertujuan untuk mengawasi penyelesaian kasus Jiwasraya sekaligus mencari solusi baik kepentingan nasabah dan masa depan lembaga asuransi tersebut. DPR sudah membentuk 3 panja, masing-masing di Komisi III, Komisi VI, dan Komisi XI.

"Jadi sekarang bolanya ada di panja di ketiga komisi tadi. Mereka akan bekerja maksimal, jadi tidak perlu panitia khusus (pansus)," tuturnya.

Baca juga: Erick Thohir Pastikan Hadiri Panja Jiwasraya Komisi VI DPR

Masing-masing panja yang dibentuk bekerja sesuai bidang kerjanya dengan fokus pada pengembalian dana nasabah. Panja Komisi III akan memastikan penegakan hukum yang profesional dan fair serta pengembalian aset-aset Jiwasraya untuk mengembalikan uang nasabah.

Komisi VI akan fokus pada penyehatan korporasi serta mendorong holdingisasi untuk menyelamatkan Jiwasraya. Sementara itu, Komisi XI akan mengevaluasi kerja pengawasan OJK, penyehatan industri asuransi dan mendorong adanya jaminan terhadap polis asuransi seperti halnya Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) pada perbankan.(OL-5)

Baca Juga

Antara/Rivan Awal

Biden Jadi Presiden AS, Ini Harapan Puan

👤Sri Utami 🕔Jumat 22 Januari 2021, 05:30 WIB
Ketua DPR RI berharap Joe Biden membawa dampak positif bagi penanganan pandemi covid-19 dan menjaga stabilitas perdamaian...
Antara/Galih Pradipta

Listyo Usung Program Presisi, Kompolnas: Harus Tepat Sasaran

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Jumat 22 Januari 2021, 04:35 WIB
Kompolnas akan mengawal dan mengawasi kinerja program presisi yang diusung Listyo Sigit, setelah resmi diangkat sebagai...
Antara/M Risyal Hidayat

Kemendagri Targetkan Perekaman 5,7 Juta KTP-E

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 22 Januari 2021, 01:40 WIB
Sejauh ini, sudah 194,64 juta orang atau 99,11% dari total populasi yang tercatat memiliki kartu identitas. Kemendagri bersama BPS...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya