Jumat 20 Desember 2019, 07:40 WIB

TNI-Polri Jamin Keamanan Natal dan Tahun Baru

Ferdian Ananda Majni | Politik dan Hukum
TNI-Polri Jamin Keamanan Natal dan Tahun Baru

ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Idham Azis dan Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi.

 

TNI dan Polri siap mengamankan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Kesiapan itu ditunjukkan dengan gelar pasukan Operasi Lilin di Lapangan Benteng, Medan, Sumatra Utara, kemarin.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Idham Azis memimpin langsung apel yang untuk pertama kalinya tidak dihelat di Lapangan Monas Jakarta itu. ''Tahun sebelumnya selalu kita pusatkan di Monas dan secara serentak di seluruh wilayah. Tahun ini apel kesiapan pengamanan dilaksanakan di Medan pusatnya dan di daerah semua melaksanakan,'' ujar Panglima TNI.

Dia mengatakan tidak ada tujuan khusus dengan apel di Kota Medan ini. TNI dan Polri hanya ingin menyapa masyarakat Sumatra Utara sekaligus mengajak mereka untuk bersama mengamankan Natal dan Tahun Baru.

Panglima TNI mengharapkan seluruh komponen masyarakat ikut berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif. Harapan senada diutarakan Kapolri.

Jenderal Idham Azis mengatakan gelar pasukan dilaksanakan di seluruh Indonesia. Operasi pengamanan dimulai 23 Desember 2019 hingga 1 Januari 2020 dengan melibatkan 191 ribu lebih personel gabungan TNI-Polri dan aparat terkait.

''Di seluruh daerah kita sudah mapping tingkat kerawanannya. Saya berharap kerja sama rekan-rekan media karena pengamanan tidak hanya domain TNI-Polri, tetapi juga harus ada peran masyarakat,'' ucap Kapolri.

Dari Jakarta, Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menegaskan pihaknya memastikan keamanan dan kenyamanan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Ibu Kota dan sekitarnya. Aparat gabungan akan fokus mengamankan objek-objek penting, seperti gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal.

Polri pun siap menindak yang mencoba mengganggu keamanan dan ketertiban seperti menyisir atribut-atribut Natal. Ketegasan itu antara lain disuarakan Polresta Surakarta, Jawa Tengah. ''Siapa pun yang mengacau, berani melakukan sweeping, kita tindak tegas," tegas Wakapolresta Surakarta AKB Iwan Saktiadi. (Fer/PS/WJ/X-8)

Baca Juga

Antara/Indrianto Eko

KPK Geledah Kantor PT ACK, Sita Dokumen Ekspor Benur

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Selasa 01 Desember 2020, 15:04 WIB
Penggeledahan yang dilakukan penyidik KPK berlangsung sejak Senin (30/11) hingga Selasa (1/12) dini hari. Dokumen dan barang bukti yang...
Dok MI/Rommy Pujianto

Muhammadiyah Minta Aparat Blokir Video Azan Berlafaz Jihad

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 01 Desember 2020, 05:56 WIB
PP Muhammadiyah minta aparat keamanan menyelidiki video azan berlafaz jihad yang viral di media sosial. dan...
Medcom

Polri Sebut Upik Lawanga Penerus Dr Azahari

👤Basuki Eka Purnama 🕔Selasa 01 Desember 2020, 05:40 WIB
Kelompok JI menganggap Upik sebagai aset berharga bagi JI karena kemampuan Upik dalam membuat bom berdaya ledak tinggi dan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya