Rabu 27 November 2019, 20:12 WIB

Penyelundupan Sabu Kembali Digagalkan Bea Cukai Makassar

mediaindonesia.com | Politik dan Hukum
Penyelundupan Sabu Kembali Digagalkan Bea Cukai Makassar

Istimewa
Jumpa pers mengenai keberhasilan BEA Cukai Makassar dan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan gagalkan penyelundupan narkotika.

 

BEA Cukai Makassar dan Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan berhasil menggagalkan peredaran narkotika jenis Methamphetamine berbentuk bubuk kristal putih dengan berat 80 gram di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Selasa lalu (19/11).

Kepala Kantor Bea Cukai Makassar, Gusmiadirrahman, mengungkapkan pelaku penyelundupan merupakan penumpang pesawat internasional rute Kuala Lumpur-Makassar.

Kronologis berawal dari analisa oleh petugas atas manifest penumpang, diatensi seorang penumpang inisial M yang mencurigakan. Setelah dilakukan pemeriksaan badan dicurigai benda keras yang terletak dibagian anus.

“Dari hasil pemeriksaan didapati barang bukti sebanyak 80 gram narkotika jenis Methamphetamine. Selanjutnya atas barang bukti dan pelaku diserahterimakan ke Kepolisiaan Daerah Sulawesi Selatan untuk dilakukan pengembangan,” jelas Gusmi.

Penindakan ini berhasil menyelamatkan masyarakat dari dampak negatif. ini merupakan wujud keseriusan Bea Cukai dalam menjalankan salah satu tugas dan fungsi Bea Cukai, yaitu community protector.

Dari penindakan ini, para tersangka dapat dijerat dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009, tentang Narkotika Pasal 111 sampai dengan Pasal 114 dengan hukuman minimal penjara 4 tahun maksimal hukuman mati.

Gusmi menambahkan bahwa kejahatan narkotika adalah extraordinary crime sehingga dibutuhkan partisipasi dan peran aktif semua pihak untuk mencegah dan menghentikan peredarannya di masyarakat.

Baca Juga

Dok MI

Wakil Ketua MPR Kutuk Serangan Teroris di Sulteng

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 November 2020, 17:10 WIB
Menurut Lestari, aksi teroris yang brutal menyerang warga dan rumah ibadah itu berpotensi menimbulkan konflik di tengah...
MI/Depi Gunawan

Terlibat Kasus Suap, Walkot Cimahi Berdalih tak Paham Aturan

👤Zaenal Arifin 🕔Sabtu 28 November 2020, 17:00 WIB
Kata Ajay Priatna, tidak ada suap yang diberikan pemilik rumah sakit swasta tersebut kepada dirinya yang bertujuan sebagai izin mendirikan...
dok KKP

Ditemukan Uang Tunai, Ruangan Menteri KKP Disegel

👤Insi Nantika Jelita 🕔Sabtu 28 November 2020, 15:44 WIB
Tim penyidik KPK menemukan beberapa dokumen dan barang bukti elektronik terkait dengan perkara dugaan suap yang diterima oleh tersangka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya