Sabtu 12 Oktober 2019, 08:40 WIB

Jokowi dan SBY Berpeluang Formalkan Koalisi

Putra Ananda | Politik dan Hukum
 Jokowi dan SBY Berpeluang Formalkan Koalisi

MI/BARY FATHAHILAH
Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean.

 

KETUA Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan kembali bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat. Pertemuan itu dilakukan untuk memfinalisasi perbincangan antara Jokowi dan SBY jelang pelantikan presiden dan wakil presiden 20 Oktober mendatang.

Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean mengatakan peluang pertemuan kedua itu terbuka.

"Mungkin saja akan ada pertemuan finalisasi jelang pelantikan atau setelah pelantikan," kata Ferdinand saat dihubungi di Jakarta, kemarin.

Ferdinand menyebut SBY dan Jokowi memiliki komunikasi politik yang baik. Dialog-dialog komunikasi kerap dilakukan secara informal.

Kedekatan ini, menurut Ferdinand, akan terus dijaga oleh kedua tokoh. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan bakal ada pertemuan lanjutan sebagai bentuk formal. "Menurut saya, kemungkinan besar akan ada pertemuan semacam deklarasi, inilah koalisi kami dan teman koalisi," tuturnya.

Namun demikian, Ferdinand menekankan pertemuan lanjutan bukan suatu hal yang harus terjadi. Jokowi bisa saja langsung mengumumkan kabinet bentukannya kepada masyarakat. Demokrat akan menerima apa pun yang diputuskan Jokowi.

"Mendeklarasikan dukung Jokowi tanpa bertemu Pak Jokowi dan tanpa tawar-menawar jabatan dan posisi," imbuhnya.

Presiden Jokowi bertemu SBY, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (10/10). Salah satu topik pembahasan ialah terkait kemungkinan Partai Demokrat gabung ke pemerintahan.

"Ya, kita berbicara itu, tetapi belum sampai ke sebuah, apa, sebuah keputusan," kata Jokowi sekaligus meminta wartawan menanyakan langsung kepada SBY ihwal posisi Partai Demokrat.

Saat menggelar jumpa pers, Jokowi tidak ditemani SBY. Ketua umum Partai Demokrat itu langsung pergi seusai pertemuan yang berlangsung kurang lebih satu jam.

Jokowi mengungkapkan pertemuan itu juga membahas beberapa hal terkait kondisi dalam negeri. Ia tidak menjelaskan lebih detail isi pertemuannya dengan SBY. Jokowi juga menyebut rencana pertemuan dengan SBY sudah diagendakan sejak lama.

"Saya dengan Pak SBY sudah janjian lama, tapi belum pas. Hari ini alhamdulillah pas waktunya dan ketemu," papar Jokowi. (Uta/Mal/P-2)

Baca Juga

Antara

Tersangka Peristiwa HAM Berat Paniai Segera Diadili di Pengadilan HAM Makassar

👤Tri Subarkah 🕔Kamis 19 Mei 2022, 23:32 WIB
Sangkaan yang menjerat IS terkait pertanggungjawaban rantai komando atas kejahatan terhadap...
Dok MI

Wamen ATR/BPN Pastikan Lahan IKN Nusantara Tak Tumpang Tindih

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 21:30 WIB
"IKN tidak ada tumpang tindih karena sebagian besar itu kan kawasan hutan...
Dok MI

KPK Lantik 43 Pejabat Fungsional Baru

👤Fachri Audhia Hafiez 🕔Kamis 19 Mei 2022, 20:07 WIB
Pelantikan dipimpin Sekretaris Jenderal KPK Cahya H...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya