Sabtu 31 Agustus 2019, 12:21 WIB

KPU: PDIP Raih Kursi Tertinggi, NasDem Tembus Empat Besar

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU: PDIP Raih Kursi Tertinggi, NasDem Tembus Empat Besar

ANTARA/Puspa Perwitasari
Ketua KPU Arief Budiman

 

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan perolehan kursi partai politik peserta pemilu 2019. Sebagai pemenang pemilu, PDI Perjuangan meraih kursi terbanyak dengan 128 kursi. Adapun Partai NasDem masuk empat besar peraih kursi terbanyak.

"Hasil keputusan pleno terbuka pada hari ini akan dituangkan dalam berita acara dan ditetapkan dalam keputusan KPU mengenai penetapan perolehan kursi partai politik, dan penetapan calon terpilih anggota DPR dan DPD," ucap Ketua KPU Arief Budiman, di ruang sidang utama lantai 2 Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta, Sabtu (31/8).

Partai berikutnya yang memperoleh kursi terbanyak setelah PDIP adalah Partai Golkar dengan 85 kursi. Disusul Partai Gerindra dengan 78 kursi. Lalu keempat ada Partai NasDem yang memperoleh 59 kursi.

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di urutan kelima dengan memperoleh 58 kursi. Partai Demokrat mendapatkan 54 kursi. Partai Keadilan Sejahtera ada 50 kursi. Partai Amanat Nasional (PAN) mendapatkan 44 kursi.

Baca juga: KPU Sahkan Suara, Sembilan Parpol Lolos ke Senayan

Urutan terakhir ada Partai Persatuan Pembangunan memperoleh 19 kursi. Adapun 575 legislator terpilih dari 80 daerah pemilihan (Dapil).

Selanjutnya, menurut Arief Budiman, sesuai Pasal 31 PKPU nomor 5 tahun 2019, KPU akan mengusulkan calon terpilih anggota DPR dan DPD untuk pengucapan sumpah janji kepada presiden dan Mahkamah Agung.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 14 Tahun 2019 tentang perubahan kelima atas PKPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang tahapan program dan jadwal penyelenggaraan Pemilu tahun 2019, penetapan perolehan kursi dari calon terpilih anggota DPR dan DPD dilakukan setelah KPU menindaklanjuti melaksanakan keputusan MK. (OL-2)

Baca Juga

Ist

PBB: Ujaran Kebencian Rusak Solidaritas Komunitas Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:57 WIB
Ujaran kebencian telah menjalar dan merusak kohesi sosial dan merusak pemahaman bersama yang seharusnya ada dalam sebuah komunitas dan...
Dok MI

Kemendagri Ingatkan Penyederhanaan Regulasi untuk Harmonisasi Peraturan

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:43 WIB
Hal itu dilakukan dalam upaya meningkatkan kapasitas aparatur dalam menyusun Perda dan...
Antara

Kabareskrim Instruksikan Pisahkan Laporan Polisi Kasus Indosurya

👤Siti Yona Hukmana 🕔Selasa 28 Juni 2022, 23:28 WIB
Dia mengaku akan menyelidiki secara parsial. Artinya setiap LP akan ditangani secara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya