Rabu 30 Januari 2019, 14:59 WIB

KPU Lakukan Cek Silang untuk Verifikasi Data Caleg Eks Koruptor

Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum
KPU Lakukan Cek Silang untuk Verifikasi Data Caleg Eks Koruptor

MI/Arya Manggala

 

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi memastikan tidak akan terjadi kesalahan atas nama caleg mantan koruptor yang akan diumumkan. Salah satunya melalui cek silang dengan terus memeriksa dan mengonfirmasi ke KPU daerah perihal data caleg mantan koruptor.

"Iya (lakukan cek silang), sampai siang ini kami terus periksa dan konfirmasi ke teman KPU daerah, provinsi, maupun kabupaten/kota untuk betul-betul dokumennya diperiksa. KPU ingin memastikan nama-nama itu betul-betul valid," ungkapnya di gedung KPU, Menteng, Jakarta, Rabu (30/1).

"Kami tidak bisa mengumumkan secara sembarangan, jadi harus periksa berkali-kali dokumen secara teliti betul dari seluruh daftar nama caleg mantan koruptor," sambungnya.

Baca juga: KPU Batal Umumkan Nama Caleg Mantan Narapidana

Adapun cek silang yang dilakukan dengan melakukan verifikasi secara faktual terkait dokumen caleg mantan koruptor dan juga melakukan pengecekkan ke pengadilan setempat. Selain itu, KPU juga mengecek informasi ke masyarakat sipil untuk menyandingkan data, sebelum KPU mengumumkan nama caleg mantan koruptor.

"Kami haruskan betul data-data itu tidak ada yang salah. Kami minta info juga ke teman-teman masyarakat sipil untuk menyandingkan data, sebelum kita rilis kita sandingkan data. Jangan-jangan yang ada di kami berbeda dengan di masyarakat sipil," jelas Pramono.

Untuk pengumuman nama caleg mantan koruptor, Pramono mengatakan akan dilakukan konferensi pers hari ini, meski sampai siang ini pihaknya masih melakukan verifikasi data.(OL-5)

Baca Juga

FOTO/Dok.Kemendagri

Waspadai Omikron, Kepala Daerah Dilarang Bepergian ke Luar Negeri

👤Indriyani Astuti 🕔Rabu 19 Januari 2022, 11:44 WIB
Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Suhajar Diantoro meminta kepala daerah menaati larangan...
Antara

Gaga Muhammad Divonis Hukuman Penjara 4,5 Tahun

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:38 WIB
Terdakwa Gaga Muhammad divonis hukuman penjara selama 4,5 tahun dalam sidang putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Rabu...
Medcom

Polri Sebut Kejahatan Siber Banyak Dilakukan Napi

👤Siti Yona Hukmana 🕔Rabu 19 Januari 2022, 10:00 WIB
Ramadhan mengatakan para tersangka leluasa menggunakan ponsel ataupun alat komunikasi di dalam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya